Kamis, 12 Agustus 2010

RENUNGAN DARI PAK MARIO


RENUNGAN DARI PAK MARIO

MASALAH ITU SEMENTARA
Ia hanya menjadi permanen bagi orang yang menganggapnya permanen.

Paku yang memantek seseorang ke papan gosok di mana dia berada sekarang adalah perasaan bahwa masalah-masalahnya saat ini adalah permanen, sedangkan keberhasilan dan kebahagiaannya hanyalah sementara.

………..

Kita tidak mungkin membebaskan diri dari masalah,
karena masalah adalah penghormatan kepada kita.

Tuhan Yang Maha Perkasa menjamin bahwa tidak ada orang yang akan dimasukkan ke dalam masalah yang tidak bisa diatasinya. Sehingga, masalah apa pun yang kita masuki, adalah masalah yang telah ditetapkan berada di bawah kemampuan kita.

Tetapi, masalah sekecil apa pun, akan menjadi penghambat kemajuan dan bahkan menjadi pengerdil masa depan, bagi orang yang memilih untuk tidak menghormati dirinya sendiri, dan tidak mempercayai jaminan Tuhan.
HIDUP SEBAGAI JIWA YANG IKLAS
Setiap jiwa adalah jiwa kecintaan Tuhan
yang diturunkan ke alam kehidupan raga sebagai manusia
yang bertugas mewujudkan kemuliaan dari jiwanya
untuk mengindahkan kehidupan sesamanya
bagi keindahan hidupnya di surga.

Dan jiwa yang mampu memimpin dirinya sendiri
untuk keluar dari kekhawatiran, ketidak-tegasan,
penundaan, dan kemalasan,
memiliki semua potensi untuk memindahkan gunung.

adilah pribadi yang dirindukan kehadirannya.

Kehadiran Anda akan selalu dirindukan orang,
apabila Anda:
menggunakan nama yang baik, berbicara dengan bahasa yang indah,
dan berlaku dengan cara-cara yang ramah di hati orang lain.

HARAPAN ADALAH PENGINDAH DAN PENGUAT
Harapan yang dalam adalah pembentuk kerendahan hati yang mudah menerima yang kecil dan yang sederhana, sebagai syarat bagi pencapaian dari yang besar dan yang sulit.

Harapan …

Alangkah mulia Tuhan yang menciptakan harapan sebagai penghubung yang nyata antara jiwa kita dengan-Nya.

WANITAKU PEMULIAKU
Sahabat Indonesia yang super,
yang sedang berjalan dengan sabar di atas pilihan karir
dan dalam misi kehidupannya.

Jika NAIK adalah tujuan perjalanan karir dan kehidupan kita,
marilah kita cermati beberapa masukan sederhana berikut ini:

Sesungguhnya setiap jiwa menua untuk sesuatu.

Ada yang menua untuk menjadi pribadi yang bernilai,
dan ada yang menua untuk menyesalkan usia muda yang telah disia-siakannya.

Tidak ada karir dan kehidupan yang berjalan datar.

If we are not going up, we are certainly going down.

KWALITAS HIDUP=KETEPATAN-KESALAHAN
Anda akan menjadi ahli dan terkemuka dalam apa pun,
jika Anda berupaya keras untuk tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang sama.

Jika Anda harus membuat kesalahan, pastikanlah itu adalah kesalahan yang baru.

Siapa pun yang mengeluhkan kesalahan-kesalahan yang sama, adalah orang yang tidak belajar dari kesulitan yang disebabkan oleh kesalahan yang sudah sering dibuatnya.

BERBAKAT MENJADI PRIBADI YANG KUAT DAN DAMAI
Anda berbakat untuk menjadi pribadi yang damai dan kuat, jika Anda tegas menyikapi yang kecil sebagai yang kecil, dan
yang besar sebagai yang besar.

Ukuran dari kekhawatiran-kekhawatiran seseorang adalah tanda dari ukuran pribadinya.

Kekhawatiran kecil tidak akan pantas menjadi pengisi kesadaran seseorang yang besar, atau yang sedang membangun kebesaran pribadinya.

Maka, khawatirkanlah hal-hal yang besar, yang pencapaian atau penyelesaiannya penting bagi kebaikan banyak orang.

SEMUA YANG ANDA INGINKAN ADA SARATNYA
Anda akan mencapai apa pun
jika Anda bersedia melakukan yang dibutuhkan untuk mencapainya.

Tetapi, berapa banyakkah orang yang kesibukannya betul-betul berhubungan dengan yang akan dicapainya?

Berapa banyakkah orang yang ingin menjadi orang kaya yang kesibukannya sama sekali tidak ada hubungannya dengan berhemat dan memperbesar pendapatan?

MENYIA-NYIAKAN USIA UNTUK BEKERJA PADA ATASAN YANG SALAH

Masalah Itu Sementara
Ia hanya menjadi permanen bagi orang yang menganggapnya permanen.

Paku yang memantek seseorang ke papan gosok di mana dia berada sekarang adalah perasaan bahwa masalah-masalahnya saat ini adalah permanen, sedangkan keberhasilan dan kebahagiaannya hanyalah sementara.

………..

Kita tidak mungkin membebaskan diri dari masalah,
karena masalah adalah penghormatan kepada kita.

Tuhan Yang Maha Perkasa menjamin bahwa tidak ada orang yang akan dimasukkan ke dalam masalah yang tidak bisa diatasinya. Sehingga, masalah apa pun yang kita masuki, adalah masalah yang telah ditetapkan berada di bawah kemampuan kita.

Tetapi, masalah sekecil apa pun, akan menjadi penghambat kemajuan dan bahkan menjadi pengerdil masa depan, bagi orang yang memilih untuk tidak menghormati dirinya sendiri, dan tidak mempercayai jaminan Tuhan.
Hiduplah Sebagai Jiwa Yang Ikhlas
.

Setiap jiwa adalah jiwa kecintaan Tuhan
yang diturunkan ke alam kehidupan raga sebagai manusia
yang bertugas mewujudkan kemuliaan dari jiwanya
untuk mengindahkan kehidupan sesamanya
bagi keindahan hidupnya di surga.

Dan jiwa yang mampu memimpin dirinya sendiri
untuk keluar dari kekhawatiran, ketidak-tegasan,
penundaan, dan kemalasan,
memiliki semua potensi untuk memindahkan gunung.
Jadilah Pribadi Yang Dirindukan Kehadirannya
.


Sahabat saya yang baik hatinya,
adik-adik dan anak-anakku terkasih,

Jadilah pribadi yang dirindukan kehadirannya.

Kehadiran Anda akan selalu dirindukan orang,
apabila Anda:
menggunakan nama yang baik, berbicara dengan bahasa yang indah,
dan berlaku dengan cara-cara yang ramah di hati orang lain.
Harapan Adalah Pengindah Dan Penguat
.

Harapan yang dalam adalah pembentuk kerendahan hati yang mudah menerima yang kecil dan yang sederhana, sebagai syarat bagi pencapaian dari yang besar dan yang sulit.

Harapan …

Alangkah mulia Tuhan yang menciptakan harapan sebagai penghubung yang nyata antara jiwa kita dengan-Nya.
Wanitaku Pemuliaku
Sahabat Indonesia yang super,
yang sedang berjalan dengan sabar di atas pilihan karir
dan dalam misi kehidupannya.

Jika NAIK adalah tujuan perjalanan karir dan kehidupan kita,
marilah kita cermati beberapa masukan sederhana berikut ini:

Sesungguhnya setiap jiwa menua untuk sesuatu.

Ada yang menua untuk menjadi pribadi yang bernilai,
dan ada yang menua untuk menyesalkan usia muda yang telah disia-siakannya.

Tidak ada karir dan kehidupan yang berjalan datar.

If we are not going up, we are certainly going down.
Kualitas Hidup = Ketepatan - Kesalahan
.

Anda akan menjadi ahli dan terkemuka dalam apa pun,
jika Anda berupaya keras untuk tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang sama.

Jika Anda harus membuat kesalahan, pastikanlah itu adalah kesalahan yang baru.

Siapa pun yang mengeluhkan kesalahan-kesalahan yang sama, adalah orang yang tidak belajar dari kesulitan yang disebabkan oleh kesalahan yang sudah sering dibuatnya.
Berbakat Menjadi Pribadi Yang Damai Dan Kuat
.

Anda berbakat untuk menjadi pribadi yang damai dan kuat, jika Anda tegas menyikapi yang kecil sebagai yang kecil, dan
yang besar sebagai yang besar.

Ukuran dari kekhawatiran-kekhawatiran seseorang adalah tanda dari ukuran pribadinya.

Kekhawatiran kecil tidak akan pantas menjadi pengisi kesadaran seseorang yang besar, atau yang sedang membangun kebesaran pribadinya.

Maka, khawatirkanlah hal-hal yang besar, yang pencapaian atau penyelesaiannya penting bagi kebaikan banyak orang.
Semua Yang Anda Inginkan, Ada Syaratnya
.

Anda akan mencapai apa pun
jika Anda bersedia melakukan yang dibutuhkan untuk mencapainya.

Tetapi, berapa banyakkah orang yang kesibukannya betul-betul berhubungan dengan yang akan dicapainya?

Berapa banyakkah orang yang ingin menjadi orang kaya yang kesibukannya sama sekali tidak ada hubungannya dengan berhemat dan memperbesar pendapatan?
Menyia-nyiakan Usia Dengan Bekerja Untuk Atasan Yang Salah
.

Anak buah membayar pengabdiannya kepada atasannya, dengan usia.

Jika anak buah salah memilih atasan, dia telah menyia-nyiakan usianya.

Sebagaimana-besarnya pun keinginan seseorang untuk menjadikan Anda sebagai bawahannya,
dan sebagaimana mendesak pun kebutuhan kehidupan Anda,
Anda tetap bisa menolak untuk bekerja di bawah kepemimpinan seseorang.
MASA KINI ADALAH PEMUNGKIN MASA DEPAN ANDA
Ada orang yang mengumpulkan dan membawa puing-puing kegagalannya di masa lalu, untuk menghalangi perjalanannya ke masa depan.

Yang terjadi di masa lalu adalah pelajaran bagi penguatan Anda hari ini.

Anda tidak boleh menggunakannya sebagai pelemah upaya Anda hari ini.

Jadilah pribadi yang memudahkan tercapainya masa depan yang baik.

Ingatlah, bahwa

Masa kini yang baik adalah pemungkin bagi masa depan yang baik, yang akan menjadi pemaaf bagi masa lalu yang seperti apa pun.

Masalah yang terjadi karena kurangnya tindakan, hanya bisa diperbaiki dengan tindakan.

Jika kita telah melebihkan doa tetapi kurang bertindak, kita harus melebihkan tindakan, tanpa mengurangi doa.

Maka,

Janganlah kita hanya berdoa, tetapi tidak melakukan sesuatu yang menjadi sebab terjawabnya doa.


Hal-hal terbaik dalam hidup ini - bebas dan bebas biaya.

Bisakah Anda bayangkan berapa biaya yang harus kita keluarkan jika kita harus membayar semua hal yang memungkinkan kita untuk tetap hidup?

Berapakah harga udara, harga kesehatan, harga kelengkapan indera kita, harga kasih sayang dalam keluarga kita, dan harga dari nama baik orang tua?

UNTUK APAKAH KEBERANIAN ITU
Keberanian adalah kesediaan untuk melakukan yang 'meskipun'. Saya tidak menggunakan kata kekuatan', tetapi 'kesediaan';
karena:

Bagi orang yang kuat - kekuatan adalah sesuatu yang biasa,
dan bagi orang yang ikhlas - kesediaan adalah juga sesuatu yang wajar.
Hanya bagi orang yang lemah - kekuatan itu mengagumkan;
dan hanya bagi orang yang masih menghitung - keikhlasan itu mengherankan.

Dengannya -

Anda hanya sekuat kesediaan Anda untuk melakukan yang wajarnya tidak akan dilakukan oleh orang lain.

Seorang yang berani, bersedia melakukan sesuatu yang penting bagi kecemerlangan hidupnya, ...

meskipun dia belum berpengalaman
meskipun dia tidak memiliki uang untuk itu
meskipun banyak orang meragukan kesempatan keberhasilannya
meskipun telah banyak orang gagal dalam upaya yang sama
meskipun sama sekali tidak ada jaminan
meskipun sebetulnya dia sangat ketakutan
dan
meskipun lebih mungkin baginya untuk gagal.

Keberanian adalah kesediaan
untuk melakukan yang 'meskipun'.

Dengannya,

keberanian tidak ada hubungannya dengan kepandaian, pendidikan, umur, kematangan, pengalaman, perhitungan, feasibility study, analysis and projections, jaminan, ramalan dukun, nasib dan peruntungan, agama, keyakinan, ras atau suku, tahyul, harta dan modal, bank guarantee, katabelece, relasi, koneksi, mertua yang kaya, dukungan, persetujuan, bantuan, bakat, ketampanan dan kecantikan, nama besar, warisan, wangsit, wisik, mimpi baik atau buruk, infotainment, denger-denger, demam, kesurupan, kedutan, atau geringgingan.


Keberanian - tidak ada hubungannya dengan itu semua.

Mohon Anda yakini,
Keberanian adalah kesediaan
untuk melakukan yang 'meskipun'.

Senin, 02 Agustus 2010

SEORANG GURU SEBAIKNYA HARUS MEMAHAMI.......


Assalamu’alaikum wr.wb

Sembari anda membaca informasi bermanfaat ini sekarang, saya mengingatkan anda untuk berHATI-HATI membacanya, Karena bisa menbuat anda BERTANYA-TANYA mengenai program ini.

Sebaiknya seorang pendidik harus :
• Guru mengetahui cara berfikir positive.
Cara fikir yang tepat (posistive) menjadi hal wajib bagi guru, agar bisa menyikapi setiap persoalan siswa dengan baik, bagus, dan tepat.

• Guru akan mengenali gaya belajar siswa.
Gaya belajar adalah metode dan kemampuan yang dimiliki setiap orang, dalam menyerap informasi. Dengan memahami ini, guru menjadi mudah mengajarkan materi-materi ajar kepada siswa.

• Mengetahui kapan saat terbaik mensugesti (mengajar) bagi siswa.
Karena otak manusia bekerja dengan mekanisme yang terancang demikian hebatnya. Maka apabila guru memahami kondisi ini, akan membantu siswa untuk mengingat apa yang disampaikan oleh guru dalam jangka waktu lama.

• Memahami Teknik Memasuki Gelombang Alfa (Subconscious)
Otak manusia memiliki gelombang, Beta, Alfa, Theta dan Delta. Kondisi belajar yang sangat baik berada pada gelombang Alfa, dimana otak sangat siap untuk menyerap informasi. Maka bila guru memahami kondisi ini, tentu memudahkan guru dalam mengajar.

• Mampu menjadikan anak mudah memahami dan mengingat apa yang anda ajarkan.
Karena otak manusia memiliki daya tangkap dan ingatan tak terbatas. Mengetahui cara mengingat kuat menjadi keharusan bagi guru.

• Bisa membangkitkan rasa ingin tahu siswa.
Karena manusia terutama saat masa-masa usia keemasan. Pasti memiliki masa-masa rasa ingin tau sangat dalam. Sudah sepantasnya guru menutilisasi kondisi ini atau membuatnya. Sehingga proses belajar menjadi mudah dan terekam lama dalam memory siswa.

• Mampu memotivasi siswa berdasarkan karakternya masing-masing.
Karena stiap manusia terlahir memiliki karakter dan kelebihan masing-masing. Tentunya bila guru memahami karakter siswa, pasti akan membantu guru dalam memotivasi siswa untuk belajar. Sehinga guru pun tau cara dan metode apa yang tepat bagi setiap siswa.

• Memahami mengapa anak sulit dan malas belajar.
Sebenarnya anak bukan sulit atau malas, tetapi belum menemukan dan belum tau cara belajar. Tentunya kemalasan sangat berhubungan erat dengan cara kerja otak. Dengan mengetahui cara kerja otak, pasti semakin membuat siswa mudah dan semangat belajar.

• Mengetahui maksud (Intention) dibalik perilaku anak.
Dalam pembelajaran NLP, ada presuposisi ”Dibalik sebuah perilaku ada niat baik”. Jika guru memahami konsep ini, maka guru mengetahui hal apa sewajarnya dilakukan dan menyikapi persoalan siswa. ....

Minggu, 01 Agustus 2010

PENDIDIKAN MENENTUKAN NILAI SESEORANG


“TIDAK ada lembaga paling penting selain lembaga pendidikan, ” pernyataan tersebut dengan lugas disampaikan Chairman Lippo Group, James Riyadi, dalam acara seminar yang berjudul Educating for Global Engagement. Acara seminar yang menghadirkan James Riyadi dan rekannya Brian Cox, Kepala Sekolah Sekolah Pelita Harapan Lippo Karawaci, sebagai pembicara tersebut menghadirkan mereka berdua untuk berbicara perihal tema ‘Mempersiapkan Anak sebagai Pemimpin Masa Depan’. Dalam acara yang bertemakan pendidikan ini, James menyatakan bahwa sebuah lembaga pendidikan merupakan lembaga yang sangat penting dalam setiap aspek kehidupan manusia karena pendidikan bukanlah berbicara hal-hal lain tetapi berbicara tentang sosok kemanusiaan seseorang. “Pendidikan seseorang menentukan nilai seseorang, tidak hanya sampai di situ yang lebih utama lagi dalam sebuah penilaian adalah apa yang orang tersebut percayai sehingga di sini dapat kita lihat apa yang dipercayai oleh seseorang baik dalam kehidupannya maupun dalam aspek pendidikannya maka menentukan kehidupan seseorang tersebut. Jadi dengan kata lain kehidupan religi juga menentukan bagaimana kehidupan seseorang tersebut,” papar James kepada wartawan. James juga menyatakan bagaimana keluarga adalah awal dari dari seseorang memandang kehidupan tersebut, sehingga pendidikan dalam keluarga menjadi sangat penting dalam kehidupan seseorang. Ia juga menambahkan bahwa cinta dan kualitas waktu yang baik dalam keluarga akan memotivasi anak untuk siap menghadapi masa depan. Brian Cox, juga sejalan dengan James, dalam materi yang dibagikan olehnya, Cox menyatakan bahwa yang penting dalam dunia saat ini adalah setiap anak harus bangga dengan identitasnya karena dengan kepercayaan diri tersebut maka kita tidak akan melebur dnegan identitas lain atau dengan kata lain kehilangan identitas ketika menghadapi globalisasi,” Dalam acara yang diadakan di Kemang Village, Jakarta Selatan ini, Cox menegaskan bahwa yang penting adalah global engangement, dimana identitas pribadi masih dirasakan, bukan globalisasi,

Kamis, 24 Juni 2010

TEKTONISME

Tektonisme adalah semua proses yang terjadi akibat pergerakan, pengangkatan, lipatan maupun patahan pada struktur tanah disuatu daerah. Lipatan adalah bentuk muka bumi hasil gerakan tekanan secara hoerizontal yang menyebabkan lapisan elastis menjadi berkerut dan melipat. Patahan adalah hasil dari gerakan tekanan horizontal dan tekanan vertikal yang menyebabkan lapisan kulit bumi yang rapuh menjadi retak dan patah.Ada dua jenis tektonisme,yang pertama Epirogenesa dan yang kedua Orogenesa. Epirogenesa adalah prses perubahan bentuk daratan yang disebabkan oleh tenaga yang lambat dari dalam dengan arah vertikal,baik keatas maupun kebawah meliputi wilayah yang luas. Ada dua Epirogenesa :

  1. Epirogenesa + = Gerakan yang mengakibatkan turunnya lapisan kulit bumi, seolah permukaan air laut menjadi naik.
  2. Epirogenesa - = Gerakan yang mengakibatkan naiknya lapisan kulit bumi, sehingga permukaan air laut terlihat menjadi turun.

Orogenesa adalah pergerakan lempeng tektonis yang sangat cepat yang meliputi wilayah yang sempit. tektonik orogenesa biasanya disertai proses pelengkungan(Warping), lipatan(Folding), patahan(Faulting), dan retakan(Jointing).salah satu contoh hasil orogenesa adalah deretan pegunungan Mediterania.

Selasa, 25 Mei 2010

Tata tertib Lomba Power Point " NARKOBA "


PETUNJUK TEKNIS
LOMBA PEMBUATAN DAN PRESENTASI
SLIDE POWER POINT
DALAM RANGKA KEGIATAN
GERAKAN ANTI NARKOBA DAN HIV-AIDS DI SEKOLAH (GANAS) TAHUN 2010


A. DASAR
1. Rencana Strategis (Renstra) Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani, Kementerian Pendidikan Nasional (Pusjas-Kemendiknas) Tahun 2010-2014.
2. Program Pusjas-Kemendiknas Tahun Anggaran 2010.
3. Kesepakatan Bersama antara Kepala Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani, Kemendiknas dengan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota yang menjadi sasaran kegiatan GANAS Tahun 2010.
4. Panduan Pelaksanaan Pengelolaan Dana Block Grant GANAS Tahun 2010.
5. Petunjuk Pelaksanaan Rangkaian Kegiatan GANAS Tahun 2010.

B. TUJUAN
1. Untuk melaksanakan kegiatan yang telah ditentukan dalam Juklak Kegiatan GANAS Tahun 2010.
2. Untuk menjaring minat dan bakat Kader Sebaya (KS) yang telah dilatih sebagai Pendidik Sebaya (PS)/Anggota Satuan Tugas (Satgas) GANAS, dalam pembuatan sekaligus mempresentasikan Slide Power Point tentang GANAS.
3. Untuk mengkampanyekan GANAS melalui Lomba Pembuatan dan Presentasi Slide Power Point.
4. Untuk mendapatkan Slide Power Point hasil karya cipta KS yang baik dan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) Program GANAS.

C. SASARAN
Peserta Lomba Pembuatan dan Presentasi Slide Power Point adalah Kader Sebaya (KS) yang sudah dilatih sebagai Calon Satgas GANAS.

D. PERSYARATAN PESERTA
1. Peserta Lomba Pembuatan dan Presentasi Slide Power Point ini berasal dari Kader Sebaya Tingkat SMA/SMK, yang telah mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bintek) Calon Satgas GANAS Tahun 2010.
2. Memiliki kemampuan, minat, dan motivasi di bidang Pendidikan dan Penyuluhan tentang Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba dan Penularan HIV-AIDS.
3. Sanggup dan bersedia mematuhi semua ketentuan yang dibuat oleh panitia pusat.
4. Peserta Lomba Pembuatan dan Presentasi Slide Power Point ini adalah beregu/tim.
5. Setiap regu/tim terdiri dari maksimal 3 (tiga) orang.
6. Setiap sekolah hanya boleh mengirimkan 1 (satu) regu atau 1 (satu) tim.
7. Membawa dan menyerahkan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah kepada panitia.
8. Menyerahkan photo copy Kartu Pelajar kepada panitia.

E. PERSYARATAN LOMBA
1. Lomba Pembuatan dan Presentasi Slide Power Point dapat dilakukan antar Kader Sebaya Tingkat SMA/SMK, yang telah mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bintek) Calon Satgas GANAS Tahun 2010 di Kabupaten/Kota tersebut.
2. Lomba Pembuatan dan Presentasi Slide Power Point ini terdiri dari 2 (dua) tahapan, yaitu “Tahap Pembuatan Slide Power Point” dan “Tahap Presentasi Slide Power Point”.
3. Karya Slide Power Point yang dibuat harus orisinil dan sesuai dengan tema yang telah ditentukan panitia.
4. Karya Slide Power Point dibuat dengan ketentuan sebagai berikut :
a. Jumlah Slide Power Point yang dibuat antara 10 – 15 Slide.
b. Materi Slide yang dibuat, harus mengacu pada Kebijakan Program Pendidikan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba dan HIV-AIDS yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional, antara lain :
- Tidak mempromosikan Narkoba.
- Tidak mempromosikan penggonaan kondom atau seks bebas di kalangan peserta didik.
- Meningkatkan kewaspadaan peserta didik terhadap pengaruh pergaulan bebas.
- Mengembangkan perilaku hidup yang bersih dan sehat, baik secara jasmani maupun rohani.
c. Karya Slide Power Point yang dibuat, lalu di copy-kan ke dalam bentuk CD sebanyak 3 rangkap (1 untuk peserta lomba dan 2 untuk juri lomba).
d. Judul materi Slide Power Point tidak harus sama dengan tema yang telah ditentukan, tetapi relevan dengan tema tersebut.
e. Urutan penulisan materi Slide Power Point adalah : “Judul Materi; Penyusun (nama anggota tim); dan Isi Materi”.
5. Lama waktu yang dialokasikan untuk pemaparan/presentasi Slide Power Point ini ± 10 menit untuk masing-masing regu.
6. Setiap karya Slide Power Point dari masing-masing peserta harus melampirkan :
a. Identitas Peserta Lomba dan Tema yang dipilih.
b. Surat Pengantar dari Kepala Sekolah masing-masing.
c. Photo Copy Kartu Pelajar.
7. Setiap peserta hanya dapat membuat satu karya Slide Power Point.
8. Pembuatan Materi dan Presentasi Slide Power Point dilakukan langsung dihadapan juri lomba.
9. Semua karya Slide Power Point yang diserahkan adalah menjadi milik panitia.


10. Karya Slide Power Point yang terpilih sebagai pemenang, adalah menjadi hak milik panitia pusat dan/atau daerah, dan dapat diperbanyak serta dipublikasikan untuk kepentingan edukasi (non komersial) tanpa perlu mendapat izin dari sang pembuat Slide Power Point tersebut, serta tanpa kompensasi materi/uang.

F. TEMA LOMBA PEMBUATAN DAN PRESENTASI SLIDE POWER POINT
Peserta lomba dapat memilih salah satu dari tema utama pembuatan Slide Power Point di bawah ini :

1. Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba.
2. Pencegahan Bahaya Penularan HIV-AIDS.

(Tema Utama tersebut dapat dikembangkan lagi menjadi Judul atau Sub-Tema, selama relevan).

G. KRITERIA PENILAIAN/PENJURIAN
Kriteria penilaian yang dilakukan oleh dewan juri adalah sebagai berikut :
KRITERIA PENILAIAN HASIL PEMBUATAN SLIDE POWER POINT :
1. Kesesuaian Tema dengan Isi Materi Slide Power Point.
2. Kekuatan Pesan.
3. Bahasa.
4. Orisinalitas.
5. Estetika Hasil Pembuatan Slide Power Point.
KRITERIA PENILAIAN PRESENTASI SLIDE POWER POINT :
1. Penguasaan Materi.
2. Relevansi Improvisasi/Ilustrasi.
3. Penampilan (Kerapihan dan Bahasa Tubuh).
4. Intonasi.
5. Ekspresi.
Ketentuan Lain-lain :
1. Rentang nilai untuk penilaian juri adalah antara 60 s.d. 90.
2. Sistem penilaian adalah LANGSUNG menentukan pemenang/juara (tanpa melalui babak penyisihan).
3. Karya Slide Power Point yang sudah diterima panitia, akan dinilai oleh 3 (tiga) orang juri dari daerah masing-masing.
4. Para juri berasal dari pihak-pihak yang kompeten di bidangnya masing-masing, sesuai dengan kriteria penilaian/penjurian di atas.
5. Penilaian dilakukan pada waktu dan tempat yang bersamaan.
6. Hasil penilaian dewan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
7. Pemenang tiap Kabupaten/Kota sebanyak 6 (enam) orang, terdiri dari :
Juara I, II, III, dan Juara Harapan I, II, III.
5. Para pemenang akan diberi hadiah/penghargaan berupa :
a. Piala
b. Piagam
c. Souvenir
6. Pengumuman pemenang lomba dan penyerahan hadiah akan dilakukan pada hari yang sama dengan kegiatan Acara Puncak Kampanye di Tingkat Kab/Kota masing-masing, sekaligus pengukuhan Tim Satgas GANAS Tingkat Kab/Kota.
7. Panitia dapat menampilkan/mendisplay semua karya Slide Power Point dari peserta, serta menampilkan ke pentas bagi pemenang lomba Pembuatan dan Presentasi Slide Power Point, pada saat Acara Puncak Kampanye di Tingkat Kab/Kota masing-masing.
8. Semua data peserta dan pemenang lomba, harus dicantumkan dengan lengkap dalam laporan kegiatan yang akan disampaikan ke Pusat, dilengkapi dengan photo-photo dokumentasi.
H. JADWAL dan TEMPAT PELAKSANAAN LOMBA
1. Jadwal kegiatan lomba ditentukan oleh pihak panitia daerah (Dinas Pendidikan Kab/Kota dan Guru Fasilitator) dengan mengacu pada rentang waktu/jadwal serta tahapan kegiatan yang telah ditetapkan oleh panitia pusat.
2. Tempat pelaksanaan lomba di ibu kota kabupaten/kota masing-masing.
I. LAIN-LAIN
Hal-hal lain yang dianggap perlu/penting dan belum tercantum dalam Petunjuk Teknis (Juknis) ini, dapat dikoordinasikan langsung kepada Panitia Pusat.


Jakarta, Mei 2010
Kabid. PPKH dan Kesehatan,



Drs. Abdul Syukur Madjid
NIP. 195611161986031001

Tata tertib Lomba Desain Stiker " NARKOBA "


PETUNJUK TEKNIS
LOMBA DESAIN STIKER
DALAM RANGKA KEGIATAN
GERAKAN ANTI NARKOBA DAN HIV-AIDS DI SEKOLAH (GANAS) TAHUN 2010

A. DASAR
1. Rencana Strategis (Renstra) Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani, Kementerian Pendidikan Nasional (Pusjas-Kemendiknas) Tahun 2010-2014.
2. Program Pusjas-Kemendiknas Tahun Anggaran 2010.
3. Kesepakatan Bersama antara Kepala Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani, Kemendiknas dengan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota yang menjadi sasaran kegiatan GANAS Tahun 2010.
4. Panduan Pelaksanaan Pengelolaan Dana Block Grant GANAS Tahun 2010.
5. Petunjuk Pelaksanaan Rangkaian Kegiatan GANAS Tahun 2010.

B. TUJUAN
1. Untuk melaksanakan kegiatan yang telah ditentukan dalam Juklak Kegiatan GANAS Tahun 2010.
2. Untuk menjaring minat dan bakat Kader Sebaya (KS) dan Siswa SMA/SMK yang telah dilatih maupun belum dilatih sebagai Pendidik Sebaya (PS)/Anggota Satuan Tugas (Satgas) GANAS, di bidang Desain Stiker.
3. Untuk mengkampanyekan GANAS melalui Lomba Desain Stiker.
4. Untuk mendapatkan Desain Stiker hasil karya cipta KS dan Siswa SMA/SMK yang baik dan layak dipublikasikan untuk kepentingan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) Program GANAS.

C. SASARAN
Peserta Lomba Desain Stiker adalah Kader Sebaya dan Siswa/Siswi SMA/SMK, baik yang sudah dilatih maupun yang belum dilatih sebagai Calon Satgas GANAS.

D. PERSYARATAN PESERTA
1. Peserta Lomba Desain Stiker ini berasal dari Kader Sebaya Tingkat SMA/SMK, yang telah mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bintek) Calon Satgas GANAS Tahun 2010 serta para Siswa SMA/SMK lainnya yang berminat dan memiliki bakat di bidang ini.
2. Memiliki kemampuan, minat, dan bakat di bidang Desain Stiker.
4. Sanggup dan bersedia mematuhi semua ketentuan yang dibuat oleh panitia pusat.
5. Peserta Lomba Desain Stiker ini adalah perorangan.
6. Membawa dan menyerahkan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah kepada panitia.
7. Menyerahkan photo copy Kartu Pelajar kepada panitia.



E. PERSYARATAN LOMBA
1. Lomba Desain Stiker dapat dilakukan antar Kader Sebaya dan Siswa SMA/SMK di Kabupaten/Kota tersebut.
2. Desain Stiker yang diciptakan harus orisinil dan sesuai dengan tema yang telah ditentukan panitia.
3. Desain Stiker dibuat dengan ketentuan sebagai berikut :
a. Media Desain Stiker di buat di atas kertas warna putih polos dan agak tebal (seperti kertas manila, kertas photo, atau sejenisnya).
b. Ukuran Stiker maksimum adalah 20 cm x 20 cm (dapat berbentuk bulat, oval, segi tiga, bujur sangkar, atau persegi panjang).
c. Desain Stiker yang dibuat disesuaikan dengan salah satu tema yang telah ditentukan.
d. Desain Stiker harus berwarna (full colour).
d. Jenis pewarna yang digunakan bebas, bisa menggunakan crayon, cat air, cat minyak, tinta komputer, atau yang lainnya.
e. Stiker dapat berupa tulisan/slogan, gambar, atau kombinasi keduanya.
f. Teknik pembuatan desain stiker, dapat menggunakan komputer atau secara manual.
4. Lama waktu yang dialokasikan untuk lomba desain stiker ini ± 2-3 jam.
5. Setiap desain stiker dari masing-masing peserta harus melampirkan :
a. Identitas Peserta Lomba dan Tema yang dipilih.
b. Surat Pengantar dari Kepala Sekolah masing-masing.
c. Photo Copy Kartu Pelajar.
6. Setiap peserta hanya dapat membuat satu desain stiker.
7. Desain Stiker langsung dibuat dihadapan juri, untuk selanjutnya diserahkan kepada panitia.
8. Semua desain stiker yang diserahkan adalah menjadi milik panitia.
9. Desain Stiker yang terpilih sebagai pemenang, adalah menjadi hak milik panitia pusat dan/atau daerah, dan dapat diperbanyak serta dipublikasikan untuk kepentingan edukasi (non komersial) tanpa perlu mendapat izin dari sang pembuat stiker tersebut, serta tanpa kompensasi materi/uang.

F. TEMA DESAIN STIKER
Peserta lomba dapat memilih salah satu dari tema utama pembuatan desain stiker di bawah ini :

1. Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba.
2. Pencegahan Bahaya Penularan HIV-AIDS.

(Tema Utama tersebut dapat dikembangkan lagi menjadi Judul atau Sub-Tema, selama relevan).

G. KRITERIA PENILAIAN/PENJURIAN
Kriteria penilaian yang dilakukan oleh dewan juri adalah sebagai berikut :
1. Kesesuaian Tema dengan Desain Stiker.
2. Kekuatan Pesan.
3. Visualisasi/Estetika.
4. Orisinalitas.


Ketentuan Lain-lain :
1. Rentang nilai untuk penilaian juri adalah antara 60 s.d. 90.
2. Sistem penilaian adalah LANGSUNG menentukan pemenang/juara (tanpa melalui babak penyisihan).
3. Desain stiker yang sudah diterima panitia, akan dinilai oleh 3 (tiga) orang juri dari daerah masing-masing.
4. Para juri berasal dari pihak-pihak yang kompeten di bidangnya masing-masing, sesuai dengan kriteria penilaian/penjurian di atas.
5. Penilaian dilakukan pada waktu dan tempat yang bersamaan.
6. Hasil penilaian dewan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
7. Pemenang tiap Kabupaten/Kota sebanyak 6 (enam) orang, terdiri dari :
Juara I, II, III, dan Juara Harapan I, II, III.
5. Para pemenang akan diberi hadiah/penghargaan berupa :
a. Piala
b. Piagam
c. Souvenir
6. Pengumuman pemenang lomba dan penyerahan hadiah akan dilakukan pada hari yang sama dengan kegiatan Acara Puncak Kampanye di Tingkat Kab/Kota masing-masing, sekaligus pengukuhan Tim Satgas GANAS Tingkat Kab/Kota.
7. Panitia dapat menampilkan/mendisplay semua karya stiker dari peserta, pada saat Acara Puncak Kampanye di Tingkat Kab/Kota masing-masing.
8. Semua data peserta dan pemenang lomba, harus dicantumkan dengan lengkap dalam laporan kegiatan yang akan disampaikan ke Pusat, dilengkapi dengan photo-photo dokumentasi.

H. JADWAL dan TEMPAT PELAKSANAAN LOMBA
1. Jadwal kegiatan lomba ditentukan oleh pihak panitia daerah (Dinas Pendidikan Kab/Kota dan Guru Fasilitator) dengan mengacu pada rentang waktu/jadwal serta tahapan kegiatan yang telah ditetapkan oleh panitia pusat.
2. Tempat pelaksanaan lomba di ibu kota kabupaten/kota masing-masing.

I. LAIN-LAIN
Hal-hal lain yang dianggap perlu/penting dan belum tercantum dalam Petunjuk Teknis (Juknis) ini, dapat dikoordinasikan langsung kepada Panitia Pusat.


Jakarta, Mei 2010

Kabid. PPKH dan Kesehatan,




Drs. Abdul Syukur Madjid
NIP. 195611161986031001

W A K TU D U N I A