Selasa, 25 Mei 2010
Tata tertib Lomba Power Point " NARKOBA "
PETUNJUK TEKNIS
LOMBA PEMBUATAN DAN PRESENTASI
SLIDE POWER POINT
DALAM RANGKA KEGIATAN
GERAKAN ANTI NARKOBA DAN HIV-AIDS DI SEKOLAH (GANAS) TAHUN 2010
A. DASAR
1. Rencana Strategis (Renstra) Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani, Kementerian Pendidikan Nasional (Pusjas-Kemendiknas) Tahun 2010-2014.
2. Program Pusjas-Kemendiknas Tahun Anggaran 2010.
3. Kesepakatan Bersama antara Kepala Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani, Kemendiknas dengan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota yang menjadi sasaran kegiatan GANAS Tahun 2010.
4. Panduan Pelaksanaan Pengelolaan Dana Block Grant GANAS Tahun 2010.
5. Petunjuk Pelaksanaan Rangkaian Kegiatan GANAS Tahun 2010.
B. TUJUAN
1. Untuk melaksanakan kegiatan yang telah ditentukan dalam Juklak Kegiatan GANAS Tahun 2010.
2. Untuk menjaring minat dan bakat Kader Sebaya (KS) yang telah dilatih sebagai Pendidik Sebaya (PS)/Anggota Satuan Tugas (Satgas) GANAS, dalam pembuatan sekaligus mempresentasikan Slide Power Point tentang GANAS.
3. Untuk mengkampanyekan GANAS melalui Lomba Pembuatan dan Presentasi Slide Power Point.
4. Untuk mendapatkan Slide Power Point hasil karya cipta KS yang baik dan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) Program GANAS.
C. SASARAN
Peserta Lomba Pembuatan dan Presentasi Slide Power Point adalah Kader Sebaya (KS) yang sudah dilatih sebagai Calon Satgas GANAS.
D. PERSYARATAN PESERTA
1. Peserta Lomba Pembuatan dan Presentasi Slide Power Point ini berasal dari Kader Sebaya Tingkat SMA/SMK, yang telah mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bintek) Calon Satgas GANAS Tahun 2010.
2. Memiliki kemampuan, minat, dan motivasi di bidang Pendidikan dan Penyuluhan tentang Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba dan Penularan HIV-AIDS.
3. Sanggup dan bersedia mematuhi semua ketentuan yang dibuat oleh panitia pusat.
4. Peserta Lomba Pembuatan dan Presentasi Slide Power Point ini adalah beregu/tim.
5. Setiap regu/tim terdiri dari maksimal 3 (tiga) orang.
6. Setiap sekolah hanya boleh mengirimkan 1 (satu) regu atau 1 (satu) tim.
7. Membawa dan menyerahkan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah kepada panitia.
8. Menyerahkan photo copy Kartu Pelajar kepada panitia.
E. PERSYARATAN LOMBA
1. Lomba Pembuatan dan Presentasi Slide Power Point dapat dilakukan antar Kader Sebaya Tingkat SMA/SMK, yang telah mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bintek) Calon Satgas GANAS Tahun 2010 di Kabupaten/Kota tersebut.
2. Lomba Pembuatan dan Presentasi Slide Power Point ini terdiri dari 2 (dua) tahapan, yaitu “Tahap Pembuatan Slide Power Point” dan “Tahap Presentasi Slide Power Point”.
3. Karya Slide Power Point yang dibuat harus orisinil dan sesuai dengan tema yang telah ditentukan panitia.
4. Karya Slide Power Point dibuat dengan ketentuan sebagai berikut :
a. Jumlah Slide Power Point yang dibuat antara 10 – 15 Slide.
b. Materi Slide yang dibuat, harus mengacu pada Kebijakan Program Pendidikan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba dan HIV-AIDS yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional, antara lain :
- Tidak mempromosikan Narkoba.
- Tidak mempromosikan penggonaan kondom atau seks bebas di kalangan peserta didik.
- Meningkatkan kewaspadaan peserta didik terhadap pengaruh pergaulan bebas.
- Mengembangkan perilaku hidup yang bersih dan sehat, baik secara jasmani maupun rohani.
c. Karya Slide Power Point yang dibuat, lalu di copy-kan ke dalam bentuk CD sebanyak 3 rangkap (1 untuk peserta lomba dan 2 untuk juri lomba).
d. Judul materi Slide Power Point tidak harus sama dengan tema yang telah ditentukan, tetapi relevan dengan tema tersebut.
e. Urutan penulisan materi Slide Power Point adalah : “Judul Materi; Penyusun (nama anggota tim); dan Isi Materi”.
5. Lama waktu yang dialokasikan untuk pemaparan/presentasi Slide Power Point ini ± 10 menit untuk masing-masing regu.
6. Setiap karya Slide Power Point dari masing-masing peserta harus melampirkan :
a. Identitas Peserta Lomba dan Tema yang dipilih.
b. Surat Pengantar dari Kepala Sekolah masing-masing.
c. Photo Copy Kartu Pelajar.
7. Setiap peserta hanya dapat membuat satu karya Slide Power Point.
8. Pembuatan Materi dan Presentasi Slide Power Point dilakukan langsung dihadapan juri lomba.
9. Semua karya Slide Power Point yang diserahkan adalah menjadi milik panitia.
10. Karya Slide Power Point yang terpilih sebagai pemenang, adalah menjadi hak milik panitia pusat dan/atau daerah, dan dapat diperbanyak serta dipublikasikan untuk kepentingan edukasi (non komersial) tanpa perlu mendapat izin dari sang pembuat Slide Power Point tersebut, serta tanpa kompensasi materi/uang.
F. TEMA LOMBA PEMBUATAN DAN PRESENTASI SLIDE POWER POINT
Peserta lomba dapat memilih salah satu dari tema utama pembuatan Slide Power Point di bawah ini :
1. Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba.
2. Pencegahan Bahaya Penularan HIV-AIDS.
(Tema Utama tersebut dapat dikembangkan lagi menjadi Judul atau Sub-Tema, selama relevan).
G. KRITERIA PENILAIAN/PENJURIAN
Kriteria penilaian yang dilakukan oleh dewan juri adalah sebagai berikut :
KRITERIA PENILAIAN HASIL PEMBUATAN SLIDE POWER POINT :
1. Kesesuaian Tema dengan Isi Materi Slide Power Point.
2. Kekuatan Pesan.
3. Bahasa.
4. Orisinalitas.
5. Estetika Hasil Pembuatan Slide Power Point.
KRITERIA PENILAIAN PRESENTASI SLIDE POWER POINT :
1. Penguasaan Materi.
2. Relevansi Improvisasi/Ilustrasi.
3. Penampilan (Kerapihan dan Bahasa Tubuh).
4. Intonasi.
5. Ekspresi.
Ketentuan Lain-lain :
1. Rentang nilai untuk penilaian juri adalah antara 60 s.d. 90.
2. Sistem penilaian adalah LANGSUNG menentukan pemenang/juara (tanpa melalui babak penyisihan).
3. Karya Slide Power Point yang sudah diterima panitia, akan dinilai oleh 3 (tiga) orang juri dari daerah masing-masing.
4. Para juri berasal dari pihak-pihak yang kompeten di bidangnya masing-masing, sesuai dengan kriteria penilaian/penjurian di atas.
5. Penilaian dilakukan pada waktu dan tempat yang bersamaan.
6. Hasil penilaian dewan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
7. Pemenang tiap Kabupaten/Kota sebanyak 6 (enam) orang, terdiri dari :
Juara I, II, III, dan Juara Harapan I, II, III.
5. Para pemenang akan diberi hadiah/penghargaan berupa :
a. Piala
b. Piagam
c. Souvenir
6. Pengumuman pemenang lomba dan penyerahan hadiah akan dilakukan pada hari yang sama dengan kegiatan Acara Puncak Kampanye di Tingkat Kab/Kota masing-masing, sekaligus pengukuhan Tim Satgas GANAS Tingkat Kab/Kota.
7. Panitia dapat menampilkan/mendisplay semua karya Slide Power Point dari peserta, serta menampilkan ke pentas bagi pemenang lomba Pembuatan dan Presentasi Slide Power Point, pada saat Acara Puncak Kampanye di Tingkat Kab/Kota masing-masing.
8. Semua data peserta dan pemenang lomba, harus dicantumkan dengan lengkap dalam laporan kegiatan yang akan disampaikan ke Pusat, dilengkapi dengan photo-photo dokumentasi.
H. JADWAL dan TEMPAT PELAKSANAAN LOMBA
1. Jadwal kegiatan lomba ditentukan oleh pihak panitia daerah (Dinas Pendidikan Kab/Kota dan Guru Fasilitator) dengan mengacu pada rentang waktu/jadwal serta tahapan kegiatan yang telah ditetapkan oleh panitia pusat.
2. Tempat pelaksanaan lomba di ibu kota kabupaten/kota masing-masing.
I. LAIN-LAIN
Hal-hal lain yang dianggap perlu/penting dan belum tercantum dalam Petunjuk Teknis (Juknis) ini, dapat dikoordinasikan langsung kepada Panitia Pusat.
Jakarta, Mei 2010
Kabid. PPKH dan Kesehatan,
Drs. Abdul Syukur Madjid
NIP. 195611161986031001
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar