Senin, 16 Juli 2012

BUKU PANDUAN MOP SMAN 10 TANGSEL 2012/2013

 


BUKU PANDUAN
MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK BARU
Jl. Raya Tegal Rotan Bintaro Sektor 9, Ciputat – Kota Tangerang Selatan 15413, Telp. 021 – 74862423, email : sman.1okotatangsel@gmail.com
(MOP)
Tahun Pelajaran 2012 / 2013

 

BIODATA
Nama


Tempat Lahir


Tanggal Lahir


Agama


Kelas


Alamat


Sekolah Asal


Hobby


Prestasi Yang Pernah Di Raih


Organisasi yang pernah di ikuti





Foto
3 x 4
Kota Tangsel,  Juli 2012


Pemilik



1.    KETUHANAN YANG MAHA ESA
2.    KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB
3.    PERSATUAN INDONESIA
4.    KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN / PERWAKILAN
5.    KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA





KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas taufik dan hidayahnya kami dapat menyusun dan menyelesaikan program kerja kegiatan MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK BARU (MOP)  tahun PELAJARAN 2012/2013
Meskipun program kerja ini masih jauh dari sempurna , tetapi hendaknya dapat menjadi pedoman dalam kegiatan MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK BARU (MOP)  di SMAN 10 Tangerang Selatan, sehingga lebih terarah dan tertuju pada sasaran pelaksanaan MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK BARU (MOP)  tersebut. Untuk itu kami mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun.
Selanjutnya kami mengucapkan terimakasih kepada :

  1. Bapak  Suhermin,S.Pd Kepala SMAN 10 Tangerang Selatan
  2. Para wakil kepala SMAN 10 Tangerang Selatan
  3. Dewan Guru SMAN 10 Tangerang Selatan
  4. Staf tata  usaha SMAN 10 Tangerang Selatan
  5. Pengurus OSIS periode 2011/2012
  6. Semua pihak yang telah memberikan dorongan, dukungan dan bantuan salam pelaksanaan MASA ORENTASI PESERTA DIDIK (MOP), sehingga MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK BARU (MOP)  di SMAN 10 Tangerang Selatan dapat terlaksana dengan baik.

Akhirnya semoga program kerja MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK BARU (MOP)  ini dapat bermanfaat khusunya bagi panitia, dan umumnya bagi semua pihak.


Tangsel, 16 Juli 2012



Panitia
MASA ORIENTASI
PESERTA  DIDIK BARU  (MOP)



DAFTAR ISI

I.
Biodata
2
II.
Pancasila
3
III.
Kata Pengantar
4
IV.
Daftar Isi
5
V.
Sambutan Kepala Sekolah
6
VI.
Visi dan Misi SMAN 10 Kota Tangsel
8
VII.
Bab I Pendahuluan
9
VIII.
Bab II Kepanitiaan
19
IX.
Bab III Penutup
24
X.
Lampiran
25
XI.
Pesan dan Kesan
28

















Kata Sambutan

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dengan Rahmat ALLAH SWT, sebelumnya  kami mengucapkan selamat kepada para peserta didik yang diterima di SMA Negeri 10 Kota Tangerang Selatan untuk angkatan ke-6 semoga angkatan ini membawa calon-calon generasi bangsa yang berkualitas pada masa akan datang. Masa Orientasi Peserta Didik Baru SMA Negeri 10 Kota Tangerang Selatan (MOPDB) Tahun PELAJARAN 2012/2013 kami menekankan dalam pelaksanaannya tidak ada lagi yang dinamakan sistem perploncoan dan kepada pendamping peserta didik baru agar menggunakan cara lain yang lebih interaktif, kreatif dan inovatif dalam mengenalkan lingkungan belajar serta mengenalkan program pendidikan yang ada di lingkungan SMA Negeri 10 Kota Tangerang Selatan yang mempunyai visi “Sekolah yang berwawasan teknologi Informasi (Digital) dan religius”

Melalui Pelaksanaan Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) ini diharapkan dapat menjembatani peserta didik baru untuk mengenal, beradaptasi dan menyatu dengan warga sekolah dan lingkungan sekolah, mengetahui tata tertib sekolah, mengetahui hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai bagian dari warga belajar sekolah serta membantu peserta didik dalam mengenal berbagai kekhususan dari jenjang pendidikan baru yang diikuti dan memberikan kesan positif serta menyenangkan kepada peserta didik baru tentang lingkungan sekolahnya yang sistem pembelajarannya banyak menekan pada pola Information and Communication Technologies (ICT) based.

SMA Negeri 10 Kota Tangerang Selatan sendiri berkomitmen akan berusaha semaksimal mungkin menjaga kepercayaan para orang tua/wali siswa dengan memberikan pola pembelajaran terbaik melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi yang baru dikembangkan di sekolah ini. Bagi para pendidik tentu hal ini akan menjadi sebuah lecutan untuk terus meningkatkan mutu pengajaran dan pembelajaran yang menjadi tanggungjawabnya.
Akhir kata kami ucapkan selamat menjalankan Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) kepada semua calon siswa baru SMA Negeri 10 Kota Tangerang Selatan, semoga masa-masa ini menjadi masa-masa yang menyenangkan bagi peserta didik baru tahun PELAJARAN 2012/2013.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka kepada semua pihak terkait agar menjadikan Peraturan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan tentang Pedoman Pelaksanaan Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) sebagai landasan untuk dipahami dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Wabilahittaufik wal hidayah
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
     
                                                           
Tangsel ,  Juli 2012
Kepala Sekolah,




Suhermin, S.Pd
Nip. 196608221990011001











Visi

Sekolah yang berwawasan teknologi informasi (digital) dan religius

Misi

1.    Menumbuhkan proses internalisasi ajaran agama dan budaya bangsa serta implementasinya dalam kehidupan nyata.
2.    Menumbuhkan semangat prestasi kepada semua warga sekolah.
3.    Menumbuhkan sikap belajar sepanjang hayat bagi warga sekolah.
4.    Melaksanakan rasa aman dan menyenangkan dalam lingkungan sekolah
5.    Melaksanakan proses pembelajaran secara efektif dan efisien yang berbasis global (berbasis ICT) yang berpijak pada budaya bangsa.
6.    Menumbuhkan pribadi yang berkualitas, mandiri dan bertanggung jawab terhadap tugas.
7.    Menumbuhkan semangat kepedulian terhadap lingkungan sosial, fisik, dan kultural budaya nasional.
8.    Mengembangkan potensi dan kreativitas warga sekolah yang unggul dan mampu bersaing baik di tingkat regional maupun nasional.
9.    Mengembangkan kurikulum berbasis informatika dan lingkungan
10.          Menumbuhkan kebiasaan membaca, menulis dan menghasilkan karya melalui media ICT
11.          Menerapkan Information and Communication Technology (ICT) dalam proses pembelajaran dan pengelolaan sekolah.
12.          Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan lembaga terkait.







BAB I 
PENDAHULUAN

Dasar Pemikiran
Arah kebijakan penidikan nasional adalah meningkatkan kualitas manusia Indonesia. Hal akan tercapai bila jalur pendidikan formal ikut menciptakan iklim belajar mengajar yang dapat menumbuhkan budaya belajar dan percaya diri dikalangan peserta didik sehingga berkembang sikap dan perilaku inovatif, kreatif dan keinginan untuk maju.
Penyelenggaraan pendidikan formal di sekolah merupakan sebuah realisasi dari tujuan pendidikan nasional bukan merupakan retorika belaka, tetapi harus dapat dimanifestasikan dalam bentuk belajar yang sungguh-sungguh, sikap moral yang terdidik serta keterampilan yang dapat diandalkan dalam kehidupan masyarakat.
Oleh karena itu, peserta didik sebelum menempuh pendidikan di sekolah perlu pembekalan dan pengenalan awal sebagai salah satu cara memotivasi belajar, sehingga peserta didik merasa betah di sekolah sebagai tempat almamater peserta didik menurut ilmu. Disamping itu diharapkan dengan adanya pembekalan dan pengenalan awal tersebut peserta didik pada dirinya terbentuk sense of belonging yang tidak diragukan lag, hingga mereka merasa dirinya merupakan bagain dari alamamater sekolah sebagai wujud dari lingkungan wawasan wiyata mandala.
Dengan dasar pengertian atas inilah, maka untuk menyambut siswa kelas I sebagai peserta didik baru di SMA Negeri 10 Tangerang, pada tahun PELAJARAN 2012/2013 diadakan kegiatan dalam bentuk MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK BARU (MOPDB)  2012










Dasar Hukum
1.     UU RI No.20 Tahun 2003 tentang Sisdeknas (Lebaran Negara th.2003 No.78, tambahan lembaran Negara No.1010 th.1996)
2.     PP.19 th.2005 tentang Standar Pendidikan Nasional
3.     PP.107 th.2005 tentang Standar Pendidikan nasional
4.     PP.108 th.2008 tentang wajar
5.     Permen Penddkan Nas RI No.310 th.2006, tentang pembinaan prestasi peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istemewa
6.     Permen Pendidikan RI No.22 th.2006 tentan standar isi
7.     Permen Pendikan RI No.19 th.2007 tentang standar pengelolaan pendidikan
8.     Permen Pendidikan Nas RI no.39 th.2008 tentang pembinaan Kesiswaan
9.     Surat edaran Dirjen Manajemen Pendiidikan Dasmen Depdiknas RI No.220/C/MM/2008 Tgl.18 Jan 2008 perihal kegiatan Masa Orientasi Siswa
10.  Surat edaran Kep.Dinas Kota Tangsel No.421.3/1715-Dikmen/2012 tentang petunjuk pelaksanaan MOS SMP/SMA/SMK se-Tangsel
11.  Rapat Dinas Kepsek, Guru dan TU tgl.26 Juni 2012 tentang panpel MOP di SMAN 10 TANGSEL

TUJUAN
MASA ORENTASI PESERTA DIDIK BARU  (MOP)

  1. Memberikan bekal dan pengenalan awal terhadap peserta didik sehingga tata kehidupan sekolah dan lingkungannya dapat dipahami sebagai wujud dari pelaksana wawasan wiyata mandala.
  2. Memberikan kesan positif dan menyenangkan terhadap lingkungan baru siswa.
  3. Membantu siswa memahami hak dan kewajibannya sebagai siswa.
  4. Membantu siswa dalam mengembangkan keterampilannya
  5. membantu siswa dalam pemahaman wawasan wiyata mandala.
  6. Peserta didik dapat termotivasi dan betah untuk belajar di almamater SMA Negeri 10 Tangerang sehingga mereka dapat meningkatkan kulitas prestasi belajarnya.
  7. Peserta diharapkan dapat mencintai almamater SMA Negeri 10 Tangerang sehingga “sense of belonging” pada peserta didik dapat diwujudkan.

SASARAN

Sasaran pelaksanaan MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK BARU (MOP)  adalah siswa baru SMAN 10 Tangerang Selatanyang terdaftar pada tahun pelajar 2011/2012.

RUANG LINGKUP
MASA ORENTASI PESERTA DIDIK BARU (MOPDB)

1.      Pengenalan SMA Negeri 10 Tangerang (Visi dan Misi Sekolah)
2.      Olah raga gembira dan Tes Kesehatan Jasmani
3.      Penghijauan kembali di Lingkungan Sekolah (Bakti Sosial)
4.      Tata Krama dan Tata Tertib Siswa
5.      Program dan Cara Belajar di tingkat SMA
6.      Pengenalan Lingkungan Sekolah
7.      Wawasan Wiyatamandala
8.      Pengenalan Kegiatan Ekstrakulikuler
9.      Menyanyi (Mars dan Hymne SMA Negeri 10 Tangerang)
10.    Kesiswaan dan Osis SMA Negeri 10 Tangerang
11.   Siraman Rohani
12.   Penerapan Kedisiplinan melalui PBB
13.   Leadership (Kepemimpinan)
14.   Penyuluhan tentang Bahaya Narkoba dan Pergaulan Bebas





TATA TERTIB MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK BARU (MOPDB) 

1.     Peserta diharuskan memakai tanda peserta MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK BARU (MOPDB) 
2.     Peserta harus berpakaian bersih, rapi dan sesuai ketentuan.
3.     Peserta diwajibkan hadir 30 menit sebelum acara dimulai.
4.     Peserta diharuskan menerapkan 5 S (senyum, sapa, salam sopan santun) selama kegiatan berlangsung.
5.     peserta diharuskan mengisi dan menandatangi daftar hadir.
6.     Peserta diharuskan berada ditempat yang sudah ditetapkan.
7.     Peserta harus melaksanakan tugas atau petunjuk yang diberikan oleh panitia.
8.     Peserta harus menjaga kebersihan, ketertiban dan keamanan.
9.     Peserta harus mengikuti acara penyajian materi secara tekun dan sungguh-sungguh.
10.  Peeserta dilarang meninggal acara MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK BARU (MOPDB)  kecuali seizing Pembina OSIS atau Kepala Sekolah.
11.  Peserta yang tidak mengikuti MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK BARU (MOPDB)  harus memberi tahukan kepada Pembina OSIS atau Kepala Sekolah secara tersurat.
12.  Peserta diharuskan menyediakan sendiri akomodasi yang diperlukan.
13.  Peserta diwajibkan mematuhi tata tertib MASA ORENTASI PESERTA DIDIK (MOP).
14.  Hal-hal yang belum diatur pada tata tertib ini akan ditentukan dan diatur lebih lanjut oleh penanggung jawab MASA ORENTASI PESERTA DIDIK (MOP).








HISTORI SMA NEGERI 10
KOTA TANGERANG SELATAN

                SMA Negeri 5 Ciputat merupakan sekolah yang baru berdiri. Pendirian sekolah ini merupakan manifestasi dari keinginan masyarakat Ciputat yang makin tinggi tingkat kesadarannya untuk menyekolahkan anak pada  jenjang pendidikan menengah, bermutu dan terjangkau untuk kalangan menengah kebawah diwilayah Ciputat khususnya dan Tangerang pada umumnya.
Untuk itu Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan memperbanyak pendirian sekolah negeri diantaranya SMA Negeri 5 Ciputat.Pada tanggal 27 Juni 2006 Bupati Kepala Daerah Kabupaten Tangerang mengeluarkan Keputusan Nomor:421/Kep.208-Huk/2006 yang berisi tentang pendirian sekolah negeri baru dikecamatan Ciputat yang kemudian diberi nama SMA negeri 5 Ciputat. Dengan demikian dapatlah dikatakan bahwa tanggal 27 Juni 2006,dapat dikatakan sebagai hari lahirnya SMA Negeri 5 Ciputat . Sebagai sekolah baru , tentu saja SMA Negeri 5 Ciputat belum memiliki gedung sendiri. Untuk sementara waktu SMA Negeri 5 Ciputat melaksanakan kegiatan Pembelajaran di SMP PGRI 5 Ciputat yang terletak di Jalan Cendrawasih KM.4 Desa Sawah Lama Telepon (021) 68743775 Ciputat Tangerang 15413. Pada tahun itu juga Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang menugaskan Kepada Drs.Agus Hendrawan,M.Pd sebagai Kepala Sekolah pertama di SMA Negeri 5 Ciputat dengan dasar : Keputusan Nomor : 821.2/Kep.209-Huk/2006, tanggal 30 Juni 2006 Tentang Pengangkatan Kepala Sekolah dilingkungan Dinas Pendidikan Kab.Tangerang.
                Pada tahun pertama berdiri (2006/2007) SMA Negeri 5 Ciputat menerima siswa baru sejumlah 75 siswa yang dibagi dalam 2 rombongan belajar, sedangkan pada tahun kedua (2007/2008) diterima  sejumlah 110 siswa yang dibagi dalam 3 rombongan belajar. Staf pengajar pada tahun pertama banyak didatangkan dari SMA Negeri 1 Ciputat sebagai sekolah pembinanya. Akan tetapi pada tahun itu juga Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kab.Tangerang menempatkan 9 CPNS di SMAN 5 Ciputat.
                Dengan adanya pemekaran wilayah pada tahun 2008/2009, maka keberadaan SMAN 5 Ciputat berada di wilayah Kota Tangerang Selatan. Pada tanggal 25 Mei 2009, Pejabat Walikota Tangerang Selatan mengeluarkan Perwal No 10 Tahun 2009 yang berisi tentang perubahan nama-nama sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Tangsel. Sejak saat itu SMAN 5 Ciputat berganti nama menjadi SMAN 10 Kota Tangerang Selatan.
Demikian kiranya sejarah singkat berdirinya SMA Negeri 10 Kota Tangerang Selatan , mudah-mudahan walapun menjadi sekolah baru kiprahnya ke depan akan dapat mewarnai kemajuan pendidikan di Tangerang.







PERSONIL SMAN 10 KOTA TANGERANG SELATAN
No.
Nama
NIP
Jabatan
1
SUHERMIN, S.Pd
196608221990011001
Kepala Sekolah
2
Drs. DEDI K. MULYADI
195802281985031010
Wkasek. Humas
3
NURSALIM, S.Pd
197208211999031003
Wakasek. Kurikulum
4
MUKLAS, S.Pd
197111062006041010
Wakasek. Kesiswaan
5
ANITA EKAWATI, S.Pd
196009061982032006
Guru Matematika
6
Dra. DWI ANTININGSIH
196101212006042001
Guru Bhs. Indonesia
7
AL BADRI AMAT MUSA, S.Ag
197104082006041011
BP / BK
8
Hj. SRI PUJIATI, S.Pd
197110012006042004
Guru Matematika
9
SITI TOYIBAH, S.Pd
197301122006042006
Guru Sosiologi
10
TRI ISWATI, S.Pd
197405222006042004
Guru Ekonomi
11
ENY RETNO DEWI S, S.Sn
197505102006042008
Guru Seni Budaya
12
INDRIJANTI, S.Pd
197102152006042014
Guru Ekonomi
13
DEWI ARIANI, S.Pd
197703282007012006
Guru Matematika
14
BUDI SANTOSO, S.P
196712182007011009
Guru Biologi
15
Dra. MAYZAR EKA NINGTYAS
196305032006042002
Guru Bhs. Indonesia
16
Dra. HERNI JUWITA
196808182007012019
Guru Sejarah
17
KOESOEMASTOETI, S.Pd
196912042007012010
BP / BK
18
Drs. SANTOSO
196604112007011007
Guru Geografi
19
Drs. UNDANG
196606252007011012
Guru PENJASORKES
20
Dra. ZUHAIRIAH
196205292007012005
Guru Bhs. Inggris
21
Dra. SUSILOWATI ARIADI
196505082007012005
Guru Ak. Syariah
22
LINI SRI HARYANI, S.Pd
196901242008012003
Guru PKn
23
SRI LESTARI, S.Si
197012292008012008
Guru Kimia
24
HANNA SUSANTI, S.Pd
197003302008012006
Guru TIK
25
MAHWIYAH, S.Ag
197008062008012011
Guru Bhs. Inggris
26
JUNIADI, S.Sos I
-
Guru Bhs. Arab
27
Ir. SITI MARFUAH
-
Guru Design Grafis
28
LILY VEBRINA, S.Si
-
Guru Fisika
29
RIFA KUSMIATI, S.Si
-
Guru Kimia
30
SITI MARIAM, S.Pd
-
Guru Biologi
31
SITI WARDAH, S.PD I
-
Guru PAI
32
RULI HARDI, S.Pd
-
Guru Bhs. Jepang
33
ARIS STIADI
-
Staff
34
SRIYANI
-
Staff
35
ULFA RIZA SUMARLIN
-
Staff
36
BAIHATUR RIDWAN
-
Staff
37
ROHMAT
-
Staff
STRUKTUR KURIKULUM
   Kelas X

Komponen

Alokasi Waktu
Semester 1
Semester 2
A.   Mata Pelajaran


1
Pendidikan Agama
2
2
2
Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
3
Bahasa  Indonesia
4
4
4
Bahasa Inggris
4
4
5
Matematika
4
4
6
Fisika
2
2
7
Biologi
2
2
8
Kimia
2
2
9
Sejarah
2
2
10
Geografi
2
2
11
Ekonomi
3
3
12
Sosiologi
2
2
13
Seni Budaya
2
2
14
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2
2
15
Teknologi Informasi dan Komunikasi 
2
2
16
Bahasa Jepang/Bahasa Arab
2
2
17
Bimbingan Penyuluhan
1
1
B.   Muatan Lokal 
     Kewirausahaan
     Baca Tulis Qur’an

2
1

2
1
C.   Pengembangan Diri /BK Ekstra Pilihan
2*)
2*)

Jumlah

41
41
    
 


Kelas XI dan XII program IPA

Komponen

Alokasi Waktu

Kelas XI
Kelas XII

Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2

A.   Mata Pelajaran





1
Pendidikan Agama
2
2
2
2

2
Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2

3
Bahasa Indonesia
4
4
4
4

4
Bahasa Inggris (4)
4
4
4
4

5
Matematika (4)
4
4
4
4

6
Fisika (4)
4
4
4
4

7
Kimia (4)
4
4
4
4

8
Biologi
4
4
4
4

9
Sejarah
1
1
1
1

10
Seni Budaya
2
2
2
2

11
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2
2
2
2

12
Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
2

13
Bimbingan Penyuluhan
1
1
1
1

14
Keterampilan/Bahasa Asing lain
- Bahasa Arab/Jepang
2
2
2
2
B.  Muatan Lokal




1
Design Grafis
2
2
2
2
2
Baca Tulis Qur’an
1
1    
1
1
C.  Pengembangan Diri /BK
2*)
2*)
2*)
2*)

Jumlah

41
41
41
41








Kelas XI dan XII program IPS

Komponen

Alokasi Waktu
Kelas XI
Kelas XII
Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2
A.  Mata Pelajaran




1
Pendidikan Agama
2
2
2
2
2
Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2
3
Bahasa Indonesia
4
4
4
4
4
Bahasa Inggris (4)
4
4
4
4
5
Matematika (4)
4
4
4
4
6
Sejarah
3
3
3
3
7
Geografi
3
3
3
3
8
Ekonomi (4)
4
4
4
4
9
Sosiologi
3
3
3
3
10
Seni Budaya
2
2
2
2
11
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2
2
2
2
12
Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
2
13
Bahasa Arab
2
2
2
2
14
Bimbingan Penyuluhan
1
1
1
1
B.  Muatan Lokal




1
Akuntansi Syariah*
2
2
2
2
2
Baca Tulis Qur”an
1
1
1
1
C.  Pengembangan Diri
2*)
2*)
2*)
2*)

Jumlah

41
41
41
41

EKSTRA KURIKULER PILIHAN
1
ROHIS    
8
MADING/ JURNALISTIK.
2
PASKIBRA
9
FUTSAL
3
PRAMUKA
10
INGLISH CLUB
4
PMR       
11
KIR
5
MODREN/TRADISIONAL DANCE
12
MARAWIS
6
FOLI
13
BASKET
7
ICT CLUB
14
TAEKWUONDO
                 
                                                                                                                                               
                                                               

BAB II 
KEPANITIAN


SUSUNAN PANITA

PANITIA PELAKSANA
MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK BARU (MOPDB)  2012/2013
SMA NEGERI 10 TANGERANG SELATAN

PELINDUNG                          : KEPALA DINAS PENDIDIKAN
  KOTA TANGERANG SELATAN
PENANGGUNG JAWAB         : KEPALA  SMAN 10 TANGERANG SELATAN
                                               SUHERMIN,S.Pd
PENGARAH KEGIATAN          : MUKLAS, S.Pd
                                               NURSALIM, S.Pd 
                                               Drs. Dedi K Mulyadi 
KETUA                                  : Drs. SANTOSO
SEKERTARIS                         : SRI LESTARI, S. Si
BENDAHARA                         : ENY RETNO DEWI S.S.Sn
ANGGOTA                             :
1.     IDA RACHMAWATI
2.     TRI ISWATI
3.     ULFA RIZA SUMARLIN
4.     SRIYANI
5.     ARIS STIADI. SE
         PEMBANTU ANGGOT
6.     TRI ISWATI, S.Pd
7.     SRIYANI
8.     ULFARIZA SUMARLIN
9.     ARIS STIADI
         KEBERSIHAN
10.  BAIHATUR RIDWAN
11.  ROHMAT










PANITIA SISWA
MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK BARU (MOPDB) 
TAHUN 2012 / 2013
SMA NEGERI 10 KOTA TANGERANG SELATAN

KETUA                                                   : FRIAN FRAHIRA
SEKRETAEIS                                       :  PUTRI PRAMESTI
BENDAHARA                                       :  FERRISKA AYU
SEKSI ACARA                                      :  OLGA KARMELA
SEKSI PERLENGKAPAN                   :  FATHRA A.R & ADITYA PRATAMA
SEKSI KEAMANAN                             :  ASTA N & PRIATNA .H
SEKSI KONSUMSI                              :  NURMEILIANTI FADILAH
SEKSI DOKUMENTASI                      :  ASTAGFIRILLAH AULIA
SEKSI KESEHATAN JASMANI         :  ARIEF SEPTIAWAN
SEKSI PPPK                                         :  KHOROTUNNISA
SEKSI PEMBANTU UMUM               :  TAUFIKUL AZIS & NDARU PRAYOGI

GUGUS MOP
1.     GUGUS 1 (LINUX)                     3. GUGUS 2 (UNIX)
                SUCI                                                      RESTU
PUTI                                                       HALIMAH
FIRMAN                                                 DIMAS
PATRICIA                                              IQLIMATUL
SUWANDI                                             AKHYAR
                ENDAH                                                  VEBY
                PRIATNA                                               ARIEF
                RUMONDANG                                     FANISAH
                ICA                                                         FERRISKA
2.     GUGUS 3(UBUNTU)                   4. GUGUS 4 (MACINTOS)
FANZA                                                   DINDA
AZIZAH                                                  RAMOS
ANDI                                                      ASTRID 
MARISYA                                               NAUFAL                                               
BIMO                                                      ANISA
IKA                                                          AULIA
DESI                                                       ADHI
ASTA                                                      FADILAH
NOVRIANUR                                                       

5.     GUGUS 5 (VISTA)               6. GUGUS 6 (SOLARIS)                    
DANANG                                               FIRDA
AGUSTA                                                AJAT
DWI PUJI                                               FIKA
BELA                                                      EKO
TAUFIK                                                  NURUL
INDRIANI                                               NDARU
ELLY                                                      JESICA
                                                                HUSNUL

 RINCIAN TUGAS PANITIA
1.     Ketua
        Bertangggung jawab baik keluar maupun kedalam
        Mengawasi seluruh pelaksanaan masalah bimbingan siswa (MASA ORENTASI PESERTA DIDIK (MOP)
        Menghadiri rapat-rapat mengenai MASA ORENTASI PESERTA DIDIK (MOP)
        Memeriksa hasil kerja anggota
        Melaporkan hasil kegiatan MASA ORENTASI PESERTA DIDIK (MOP)
2.     Sekretaris
        Menjadi notulen dalam rapat MASA ORENTASI PESERTA DIDIK (MOP)
        Mempersiapkan tanda peserta MASA ORENTASI PESERTA DIDIK (MOP)
        Mempersiapkan surat tugas pembimbing
        Menyusun program kerja MASA ORENTASI PESERTA DIDIK (MOP)
        Menyusun jadwal kegitan MASA ORENTASI PESERTA DIDIK (MOP)
        Mengarsipkan surat masuk dan surat keluar
        Membuat laporan pelaksanaan MASA ORENTASI PESERTA DIDIK (MOP)
3.     Bendahara
        Membuat anggaran biaya penyelenggaraan MASA ORENTASI PESERTA DIDIK (MOP)
        Mempersiapkan SPJ bagi panitia, pembimbing kelas
        Mempersipakan sarana dan prasarana pelaksanaan MASA ORENTASI PESERTA DIDIK (MOP)
        Mempersiapkan laporan pertanggungjawaban keuangan yang masuk dan   keluar.
4.      Anggota
        Mempersiapkan ruangan untuk kegiatn MASA ORENTASI PESERTA DIDIK (MOP)
        Membagikan tanda peserta MASA ORENTASI PESERTA DIDIK (MOP)
        Mengedarkan daftar hadir panitia panitia dan pembimbing kelas
        Membuat catatan harian pelaksanaan masa pembimbingan siswa
        Membantu seluruh kegiatan pelaksanaan MASA ORENTASI PESERTA DIDIK (MOP)

Text Box: Hari Jam Materi Gugus I Gugus II Gugus III Gugus IV Gugus V Keterangan
Sabtu, 
9-7-2011 07.00 - 09.00 Pelompokan Gugus Warga Osis Osis Osis Osis Osis Pembina Osis
   di Lapangan          
 09.00 - 09.15 Pembacaan Tata Tertib Osis Osis Osis Osis Osis  
 09.15 - 10.00 Pembacaan barang-barang bawaan Osis Osis Osis Osis Osis  
   selama Mop           
 10.00 - 10.15 I S T I R A H A T   
 10.15 - 10.45 Pembagian struktur Gugus Osis Osis Osis Osis Osis  
 10.45 - 11.15 Acara kelas  Osis Osis Osis Osis Osis  
               
Senin,
11-7-2011 07.00 - 08.00 Upacara Pembukaan & Seremonial Osis Osis Osis Osis Osis Kepsek
 08.00 - 09.15 Pengenalan Lingkungan Sekolah Dra. Susilo Ariyadi Nursalim, S.Pd. Muclas, S.Pd. Drs. Santoso Drs. Dedi K Mulyadi 
 09.15 - 10.00 Perkenalan Antar Siswa Osis Osis Osis Osis Osis 
 10.00 - 10.15 I  S  T  I  R  A  H  A  T    
 10.15 - 11.00 PK / P.Eks / PPCB / P.BPK/PNKB Nursalim, S.Pd. Muclas, S.Pd. Kusumastuti, S.Pd. Ariyani, S.Pd  Santoso 
 11.00 - 12.00 PK / P.Eks / PPCB / P.BPK/PDK Dewi Ariyani,S.Pd. Nursalim, S.Pd. Muclas, S.Pd. Kusumastuti, S.Pd. Dra.Siti Toybah 
 12.00 - 12.30 I  S  H  O  M  A    
 12.30 - 13.00 Pengarahan  Osis/ Sholat bersama Osis Osis Osis Osis  Osis Zunaidi
               
Selasa,
12-7-2011 07.00 - 07.30 Brifing di Lapangan Osis Osis Osis Osis  Osis 
 07.30 - 07.45 Penghangatan Suasana Osis Osis Osis Osis  Osis 
 07.45 - 09.00 PK / P.Eks / PPCB / P.BPK/PKBN Kusumastuti, S.Pd. Dewi Ariyani,S.Pd Nursalim, S.Pd. Muclas, S.Pd.  Lini Sri  Haryani,S.Pd. 
 09.00 - 10.00 PK / P.Eks / PPCB / P.BPK/PWM Muclas, S.Pd. Kusumastuti, S.Pd. Dewi Ariyani,S.Pd Nursalim, S.Pd.  Dra.Susilowati Ariyadi 
 10.00 - 10.15 I  S  T  I  R  A  H  A  T    
 10.15 - 11.00 PWM / PKBN / PDK / P. NKB /PK Dra.Susilowati Ariyadi. Lini Sri Haryani,S.Pd. Dra.Siti Toibah Drs. Santoso  Nursalim,S.Pd 
 11.00 - 12.00 PWM / PKBN / PDK / P. NKB/ P.Eks/ Drs. Santoso Dra.Susilowati Ariyadi Lini Sri Haryani,S.Pd. Dra. Siti Toybah  Muklas, S.Pd 
 12.00 - 12.30 I  S  H  O  M  A    
 12.30 - 13.00  Pengarahan Osis/ Sholat bersama Osis Osis Osis Osis  Osis Zunaidi
               
Rabu,
13-7-2011 07.00 - 07.30 Brifing di Lapangan Osis Osis Osis Osis  Osis 
 07.30 - 07.45 Penghangatan Suasana Osis Osis Osis Osis  Osis 
 07.45 - 09.00 PWM / PKBN / PDK / P. NKB /PBPK Dra.Hj Mayzar Eka Drs. Santoso Dra.Susilowati Ariyadi Lini Sri Haryani,S.Pd.  Kusumastuti,S.Pd 
 09.00 - 10.00 PWM / PKBN / PDK / P. NKB /PPCB Lini Sri Haryani,S.Pd. Dra.Siti Toyibah Drs. Santoso Dra.Susilowati Ariyadi  Dewi Ariyani,S.Pd 
 10.00 - 10.15 I  S  T  I  R  A  H  A  T    
 10.15 - 11.00 Bersih lingkungan Osis Osis Osis Osis  Osis 
 11.00 - 12.00 Penghangatan Suasana Osis Osis Osis Osis  Osis 
 12.00 - 12.30 I  S  H  O  M  A    
 12.30 - 13.00  Pengarahan Osis/ Sholat bersama Osis Osis Osis Osis  Osis Zunaidi
               

Text Box: Keterangan :   
PK : Pengenalan Kurikulum PWM : Pengenalan Wiyata Mandala
P. Eks : Pengenalan Ekskul PKBN : Pengenalan Kesadaran Berbangsa dan bernegara
PPCB : Pengenalan Program Cara Belajar PDK : Pengenalan Dinamika Kelompok
P.BPK : Pengenalan Budi Pekerti dan Tata krama PNKB : Pengenalan Narkoba
 

PERKEMBANGAN SISWA DALAM
MASA ORENTASI PESERTA DIDIK (MOP)

Nama Siswa
Keterangan
HARI PERTAMA
PARAF PEMBIMBING:
NILAI:
HARI KEDUA
PARAF PEMBIMBING:
NILAI:
HARI KETIGA
PARAF PEMBIMBING:
NILAI:


DAFTAR PEMBIMBING GUGUS
PESERTA MASA BIMBINGAN STUDI

NO
NAMA PEMBIMBING
NAMA GUGUS
1
TRI ISWATI,S.Pd
GUGUS 1
2
ENY RETNO DEWI S.S.Sn
GUGUS. 2
3
SRI LESTARI,S.Si
GUGUS. 3
4
ARIS STIADI,SE
GUGUS.4
5
Drs. SANTOSO
GUGUS.5
6
MUKLAS, S.Pd
GUGUS 6












BAB III
PENUTUP


Demikianlah buku panduan MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK BARU (MOPDB)  kami susun, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi siswa-siswa baru dalam melakukan orientasi di Sekolah yang baru SMA Negeri 10 Tangerang. Buku ini hanyalah salah satu media untuk mengenai Institusi SMA Negeri 10 Tangsel, para siswa baru masih dapat bertanya segala hal pada dan tentu kaka kelas yang selalu bersedia menolong.
Selain dari pada itu, buku  panduan ini  masih memiliki kekurangan, dan untuk itu kami mohon maaf sebesar-besarnya.  

















LAMPIRAN

. MARS SMA NEGERI 10 KOTA TANGERANG SELATAN

Kami Putra-Putri Indonesia
Yang Bertaqwa Serta Beraqlak Mulia
Kami Siswa – Siswi Negeri Sepuluh
Yang Mampu Mandiri dan Tangguh

                                Satukan Lah Hati
                                Bulatkanlah Tekad
                                Untuk Masa Depan

Busungkanlah Dada
Terbang ke Angkasa
Tembuslah Cakrawala
REFF
                                Mari Kita Berkarya
                                Menjadi Insan Mulia
                                Mari Kita Berlaga
                                Negeri Sepuluh Nan Jaya

Mari Kita Berkarya
Menjadi Insan Mulia
Mari Kita Berlaga
Negeri Sepuluh  Yang Jaya
                               
                                                By Ahmad Undang.

MAJU TAK GENTAR
Maju Tak Gentar
Membela yang benar
Maju Tak Gentar
Hak Kita di Serang
                Maju Serentak
                Mengusir Penyerang
                Maju Serentak
                Tentu Kita Menang
Bergerak, Bergerak, serentak , Serentak
Menerkam menerjang terjang
Tak Gentar, Tak Gentar, Menyerang, menyerang
Majulah, Majulah Menang

KENALI PERSONIL
SMAN 10 KOTA TANGERANG SELATAN

No.
Nama
Jabatan
Tanda Tangan
1
SUHERMIN, S.Pd
Kepala Sekolah

2
Drs. DEDI K. MULYADI
Wkasek. Humas

3
NURSALIM, S.Pd
Wakasek. Kurikulum

4
MUKLAS, S.Pd
Wakasek. Kesiswaan

5
ANITA EKAWATI, S.Pd
Guru Matematika

6
Dra. DWI ANTININGSIH
Guru Bhs. Indonesia

7
AL BADRI AMAT MUSA, S.Ag
BP / BK

8
Hj. SRI PUJIATI, S.Pd
Guru Matematika

9
SITI TOYIBAH, S.Pd
Guru Sosiologi

10
TRI ISWATI, S.Pd
Guru Ekonomi

11
ENY RETNO DEWI S, S.Sn
Guru Seni Budaya

12
INDRIJANTI, S.Pd
Guru Ekonomi

13
DEWI ARIANI, S.Pd
Guru Matematika

14
BUDI SANTOSO, S.P
Guru Biologi

15
Dra. MAYZAR EKA NINGTYAS
Guru Bhs. Indonesia

16
Dra. HERNI JUWITA
Guru Sejarah

17
KOESOEMASTOETI, S.Pd
BP / BK

18
Drs. SANTOSO
Guru Geografi

19
Drs. UNDANG
Guru PENJASORKES

20
Dra. ZUHAIRIAH
Guru Bhs. Inggris

21
Dra. SUSILOWATI ARIADI
Guru Ak. Syariah

22
LINI SRI HARYANI, S.Pd
Guru PKn

23
SRI LESTARI, S.Si
Guru Kimia

24
HANNA SUSANTI, S.Pd
Guru TIK

25
MAHWIYAH, S.Ag
Guru Bhs. Inggris

26
JUNIADI, S.Sos I
Guru Bhs. Arab

27
Ir. SITI MARFUAH
Guru Design Grafis

28
LILY VEBRINA, S.Si
Guru Fisika

29
RIFA KUSMIATI, S.Si
Guru Kimia

30
SITI MARIAM, S.Pd
Guru Biologi

31
SITI WARDAH, S.PD I
Guru PAI

32
RULI HARDI, S.Pd
Guru Bhs. Jepang

33
ARIS STIADI
Staff

34
SRIYANI
Staff

35
ULFA RIZA SUMARLIN
Staff

36
BAIHATUR RIDWAN
Staff

37
ROHMAT
Staff

JALINAN PERSAHABATAN

No.
Nama Sahabat
Kelas
Tanda Tangan





































































JALINAN PERSAHABATAN

No.
Nama Sahabat
Kelas
Tanda Tangan





































































Pesan dan Kesan mu

                                    ……………………………………………………………………
                                    ……………………………………………………………………
                                    ……………………………………………………………………
                                    ……………………………………………………………………
                                    ……………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

W A K TU D U N I A