Kamis, 17 Februari 2011

TIP DARI P.MARIO


MOTIFASI DARI P. MARIO
1. Jika anda sedang benar, jangan terlalu berani dan
bila anda sedang takut, jangan terlalu takut.
Karena keseimbangan sikap adalah penentu
ketepatan perjalanan kesuksesan anda

2. Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita
adalah untuk mencoba, karena didalam mencoba
itulah kita menemukan dan belajar membangun
kesempatan untuk berhasil

3. Anda hanya dekat dengan mereka yang anda
sukai. Dan seringkali anda menghindari orang
yang tidak tidak anda sukai, padahal dari dialah
Anda akan mengenal sudut pandang yang baru

4. Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi
pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus
belajar, akan menjadi pemilik masa depan

5. Tinggalkanlah kesenangan yang menghalangi
pencapaian kecemerlangan hidup yang di
idamkan. Dan berhati-hatilah, karena beberapa
kesenangan adalah cara gembira menuju kegagalan

6. Jangan menolak perubahan hanya karena anda
takut kehilangan yang telah dimiliki, karena
dengannya anda merendahkan nilai yang bisa
anda capai melalui perubahan itu

7. Anda tidak akan berhasil menjadi pribadi baru bila
anda berkeras untuk mempertahankan cara-cara
lama anda. Anda akan disebut baru, hanya bila
cara-cara anda baru

8. Ketepatan sikap adalah dasar semua ketepatan.
Tidak ada penghalang keberhasilan bila sikap
anda tepat, dan tidak ada yang bisa menolong
bila sikap anda salah

9. Orang lanjut usia yang berorientasi pada
kesempatan adalah orang muda yang tidak
pernah menua ; tetapi pemuda yang berorientasi
pada keamanan, telah menua sejak muda

10.Hanya orang takut yang bisa berani, karena
keberanian adalah melakukan sesuatu yang
ditakutinya. Maka, bila merasa takut, anda akan
punya kesempatan untuk bersikap berani

11.Kekuatan terbesar yang mampu mengalahkan
stress adalah kemampuan memilih pikiran yang
tepat. Anda akan menjadi lebih damai bila yang
anda pikirkan adalah jalan keluar masalah.

12.Jangan pernah merobohkan pagar tanpa mengetahui
mengapa didirikan. Jangan pernah mengabaikan
tuntunan kebaikan tanpa mengetahui keburukan
yang kemudian anda dapat

13.Seseorang yang menolak memperbarui cara-cara
kerjanya yang tidak lagi menghasilkan, berlaku
seperti orang yang terus memeras jerami untuk
mendapatkan santan

14.Bila anda belum menemkan pekerjaan yang sesuai
dengan bakat anda, bakatilah apapun pekerjaan
anda sekarang. Anda akan tampil secemerlang
yang berbakat

15.Kita lebih menghormati orang miskin yang berani
daripada orang kaya yang penakut. Karena
sebetulnya telah jelas perbedaan kualitas masa
depan yang akan mereka capai

16.Jika kita hanya mengerjakan yang sudah kita
ketahui, kapankah kita akan mendapat
pengetahuan yang baru ? Melakukan yang belum
kita ketahui adalah pintu menuju pengetahuan

17.Jangan hanya menghindari yang tidak mungkin.
Dengan mencoba sesuatu yang tidak
mungkin,anda akan bisa mencapai yang terbaik
dari yang mungkin anda capai.

18.Salah satu pengkerdilan terkejam dalam hidup
adalah membiarkan pikiran yang cemerlang
menjadi budak bagi tubuh yang malas, yang
mendahulukan istirahat sebelum lelah.

19.Bila anda mencari uang, anda akan dipaksa
mengupayakan pelayanan yang terbaik.
Tetapi jika anda mengutamakan pelayanan yang
baik, maka andalah yang akan dicari uang

20.Waktu ,mengubah semua hal, kecuali kita. Kita
mungkin menua dengan berjalanannya waktu,
tetapi belum tentu membijak. Kita-lah yang harus
mengubah diri kita sendiri

21.Semua waktu adalah waktu yang tepat untuk
melakukan sesuatu yang baik. Jangan menjadi
orang tua yang masih melakukan sesuatu yang
seharusnya dilakukan saat muda.

22.Tidak ada harga atas waktu, tapi waktu sangat
berharga. Memilik waktu tidak menjadikan kita
kaya, tetapi menggunakannya dengan baik
adalah sumber dari semua kekayaan

10 CIRI GURU FROFESIONAL

10 CIRI GURU FROFESIONAL
1. Selalu punya energi untuk siswanya
Seorang guru yang baik menaruh perhatian pada siswa di setiap percakapan atau diskusi dengan mereka. Guru yang baik juga punya kemampuam mendengar dengan seksama.
2. Punya tujuan jelas untuk Pelajaran :
Seorang guru yang baik menetapkan tujuan yang jelas untuk setiap pelajaran dan bekerja untuk memenuhi tujuan tertentu dalam setiap kelas.
3. Punya keterampilan mendisiplinkan yang efektif
Seorang guru yang baik memiliki keterampilan disiplin yang efektif sehingga bisa mempromosikan perubahan perilaku positif di dalam kelas.
4. Punya keterampilan manajemen kelas yang baik:
seorang guru yang baik memiliki keterampilan manajemen kelas yang baik dan dapat memastikan perilaku siswa yang baik, saat siswa belajar dan bekerja sama secara efektif, membiasakan menanamkan rasa hormat kepada seluruh komponen didalam kelas.
5. Bisa berkomunikasi dengan baik terhadap Orang Tua
Seorang guru yang baik menjaga komunikasi terbuka dengan orang tua dan membuat mereka selalu update informasi tentang apa yang sedang terjadi di dalam kelas dalam hal kurikulum, disiplin, dan isu lainnya. Mereka membuat diri mereka selalu bersedia memenuhi panggilan telepon, rapat, email dan sekarang, twitter.
6. Punya harapan yang tinggi pada siswa nya
Seorang guru yang baik memiliki harapan yang tinggi dari siswa dan mendorong semua siswa dikelasnya untuk selalu bekerja dan mengerahkan potensi terbaik mereka.

7. Mengetahui pengetahuan mendalam tentang Kurikulum
Seorang guru yang baik memiliki pengetahuan mendalam tentang kurikulum sekolah dan standar-standar lainnya. Mereka dengan sekuat tenaga memastikan pengajaran mereka memenuhi standar-standar itu.

8. Menguasai pengetahuan tentang subyek yang diajarkan
Hal ini mungkin sudah jelas, tetapi kadang-kadang diabaikan. Seorang guru yang baik memiliki pengetahuan yang luar biasa dan antusiasme untuk subyek yang mereka ajarkan. Mereka siap untuk menjawab pertanyaan dan menyimpan bahan menarik bagi para siswa, bahkan bekerja sama dengan bidang studi lain demi pembelajaran yang kolaboratif.

9. Selalu memberikan yang terbaik untuk Anak-anak dan proses Pengajaran
gembira bisa mempengaruhi siswa dalam kehidupan mereka dan memahami dampak atau pengaruh yang mereka miliki dalam kehidupan siswanya, sekarang dan nanti Seorang guru yang baik bergairah mengajar dan bekerja dengan anak-anak. Mereka ketika siswanya sudah beranjak dewasa.

10. Punya hubungan yang berkualitas dengan Siswa
Seorang guru yang baik mengembangkan hubungan yang kuat dan saling hormat menghormati dengan siswa dan membangun hubungan yang dapat dipercaya.........................Gatot

Rabu, 09 Februari 2011

KISI-KISI SOAL UN 2011

30. GEOGRAFI SMA/MA (PROGRAM IPS)

NO
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR SKL
Indikator Soal
Materi Pokok
Kelas/SmtNo
Soal
No. Soal
1.
Mendeskripsikan hakikat, objek, ruang lingkup, prinsip, konsep, aspek dan pendekatan geografi.
Menentukan penggunaan prinsip dan konsep dasar geografi dalam rangka pengkajian geosfer di muka bumi.
Disajikan suatu kasus, siswa dapat mengidentifikasi prinsip dasar geografi.

Disajikan suatu kasus, siswa dapat menerapkan konsep  dasar geografi.


Prinsip  Geografi
Konsep Geografi
X/1
1



2
Menentukan aspek dan pendekatan geografi dalam rangka pengkajian geosfer di muka bumi.
Disajikan suatu kasus, siswa dapat menentukan pendekatan geografi yang digunakan untuk memecahkan masalah tersebut.

Pendekatan  Geografi
X/1
3.
2.
Menganalisis sejarah pembentukan bumi, tata surya, dan jagad raya.
Mengidentifikasi proses dan bukti-bukti pembentukan bumi.
Disajikan skema , siswa dapat mengidentifikasi karakateristik lapisan bumi
Pembentukan Bumi
X/1
4.







Siswa dapat mengidentifikasi bukti-bukti pergerakan lempeng tektonik
Teori tektonik lempeng
X/1
5

Mendeskripsikan proses pembentukan tata surya







Siswa dapat menjelaskan proses pembentukan tata surya yang didukung oleh teori yang sesuai
Teori terjadinya tata Surya: bahan dasar planet.
X/1
6
Menganalisis proses pembentukan jagad raya.




Mengidentifikasi tata surya dan jagad raya.
Siswa dapat mengidentifikasi bahan dasar terbentuknya jagad raya.



Siswa dapat mengidentifikasi bahan kimia/fisika dari salah satu anggota tata surya
Bahan dasar jagad raya





Bahan dasar tata surya, elongasi planet.
X/1





X/1
7





8
3.
Menganalisis dinamika unsur-unsur geosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia.
Menganalisis fenomena yang terjadi di lithosfer dan kaitannya dengan kehidupan manusia.
Disajikan contoh batuan, siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis batuan.


Disajikan gambar bentang alam di suatu daerah, siswa dapat mengidentifikasi jenis gerakan tektonik pada daerah tersebut

Disajikan data, siswa dapat mengidentifikasi material yang dikeluarkan gunung api.

Siswa dapat menentukan waktu gelombang sekunder suatu gempa.



Disajikan data sikap-sikap dalam menghadapi bencana alam, siswa dapat menentukan sikap yang harus dilakukan pada saat dan sesudah terjadinya bencana alam.


Siswa dapat mengidentifikasi
bentuk muka bumi sebagai dampak sedimentasi




Jenis batuan.




Jenis patahan dan lipatan




Material yang dikeluarkan gung api.


Seisme





Mitigasi Bencana
: gempa bumi.






Bentukan hasil tenaga eksogen.
X/1




X/1




X/1



X/1





X/1







X/1
9




10




11



12





13







14
Menganalisis fenomena yang terjadi di  pedosfer dan kaitannya dengan kehidupan manusia.
Disajikan ciri – ciri tanah,siswa dapat mengidentifikasi jenis tanah di Papua dan Kalimantan
Penyebaran tanah di Papua dan Kalimantan
X/1
15
Menganalisis fenomena yang terjadi di atmosfer dan kaitannya dengan kehidupan manusia.
Disajikan gambar pelapisan udara ( atmosfer ),siswa dapat menentukan manfaat  pada lapisan tertentu.

Siswa dapat menentukan tipe iklim menurut salah satu ahli (Schmidt-Ferguson).

Siswa dapat memprediksi tipe iklim menurut Koppen.



Disajikan peranan cuaca dan iklim dalam kehidupan manusia, siswa dapat menyebutkan manfaat atmosfer.
Lapisan-lapisan atmosfer




Tipe-tipe iklim dari para ahli.







Manfaat atmosfer
X/2




X/2



X/2




X/2
16




17



18




19



Menganalisis fenomena yang terjadi di hidrosfer dan kaitannya dengan kehidupan manusia.
Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi infiltrasi  air tanah.

Disajikan karakterisitik penampang memanjang sungai, siswa dapat mengidentifikasi ciri cirinya sungai di bagian hulu, tengah dan hilir sungai  


Disajikan gambar morfologi dasar laut,siswa dapat mengidentifikasi salah satu dari morfologi tersebut.
Air tanah




Penampang memanjang sungai





Morfologi dasar laut


X/2




X/2






X/2
20




21






22
Mendeskripsikan keanekaragaman flora dan fauna di muka bumi sebagai potensi pendukung kehidupan.
Disajikan data ciri-ciri hutan berdasarkan iklim,siswa dapat menentukan jenis hutan tersebut.

Disajikan peta persebaran fauna dunia,siswa dapat menentukan letak wilayah persebaran fauna.

Disajikan data contoh hewan di Indonesia,siswa dapat menentukan jenis hewan yang ada di wilayah Indonesia bagian barat,tengah dan timur.
Persebaran vegetasi dunia dan Indonesia.



Persebaran fauna di dunia.




Persebaran hewan di Indonesia bagian barat, tengah dan timur.
XI/3




XI/3




XI/3


23




24




25
Mendeskripsikan fenomena/permasalahan kependudukan.
Disajikan data kependudukan suatu daerah, siswa dapat menghitung jumlah penduduk daerah pada tahun tertentu .

Disajikan gambar piramida penduduk,siswa dapat menentukan upaya yang dilakukan pemerintah sehubungan dengan model piramida tersebut.

Disajikan data kependudukan suatu wilayah,siswa dapat menentukan rasio jenis kelamin di wilayah tersebut.

Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis migrasi penduduk.
Prtoyeksi jumlah penduduk




Arti dan makna beberapa piramida penduduk.





Rasio jenis kelamin.




Migrasi penduduk.

XI/3




XI/3






XI/3




XI/3
26




27






28




29
4.
Menganalisis sumber daya alam serta kaitannya dengan kehidupan manusia.
Mendeskripsikan pemanfaatan sumber daya alam untuk mendukung kegiatan ekonomi penduduk.
Siswa dapat memberikan contoh pemanfaatan sumberdaya alam yang dapat mendukung kegiatan ekonomi penduduk
SDA
XI/3
30





5.
Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup.
Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup.
Siswa dapat memberikan contoh tindakan yang mencerminkan konsep pembangunan berwawasan lingkungan.
Lingkungan Hidup
XI/4
31
Mengkaji lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan.
Siswa dapat menyebutkan upaya untuk mengembalikan kelestarian hutan dan lingkungan secara berkelanjutan.
Pembangunan berkelanjutan.
XI/4
32





6.
Menganalisis keterampilan dasar peta/pemetaan dalam memahami fenomena geosfer.
Menerapkan keterampilan dasar pemetaan pada pembuatan peta.
Disajikan beberapa contoh peta,siswa dapat menentukan jenis peta berdasarkan contoh tersebut.

Disajikan gambar peta topografi,siswa dapat menyimpulkan  tingkat rapat renggangnya garis kontur.


Disajikan dua gambar peta dengan wilayah yang sama,siswa dapat menghitung skala pada salah satu peta.

Disajikan gambar proyeksi peta,siswa dapat menentukan jenis proyeksi peta tersebut.
Jenis-jenis peta




Kontur





Skala peta




Peta
XII/5




XII/5





XII/5




XII/5
33




34





35




36
Menganalisis penggunaan peta untuk penentuan lokasi kegiatan ekonomi penduduk.
Disajikan gambar tata guna lahan,siswa dapat menentukan lokasi untuk salah satu jenis pabrik.
Lokasi penempatan industri dari tata guna lahan yang ada.
XII/5
37
7.
Menganalisis pemanfaatan citra penginderaan jauh dan SIG sebagai media informasi fenomena geosfer.
Menginterpretasi pemanfaatan Penginderaan Jauh sebagai sumber informasi fenomena geosfer.
Disajikan gambar hasil penginderaan jauh,siswa dapat mengidentifikasi objek yang tergambar pada citra.

Siswa dapat mengidentifikasi manfaat penginderaan jauh.
Citra inderaja




Manfaat inderaja
XII/5




XII/5
38




39
Mendeksripsikan Sistem Informasi Geografi sebagai media informasi fenomena geosfer.
Siswa dapat menentukan pemanfaatan sistem informasi geografi dalam berbagai kehidupan.

Siswa dapat mengurutkan tahapan kerja dalam SIG.
Manfaat SIG




SIG
XII/5




XII/5
40




41
8.
Menganalisis wilayah dan pewilayahan di dunia.
Mendeskripsikan pola keruangan dan interaksi desa-desa/desa-kota/kota-kota.
Siswa dapat menyebutkan unsur pembentuk desa.


Disajikan ciri-ciri desa,siswa dapat membedakan desa swadaya,desa swakarya dan desa swasembada.

Siswa dapat  mengidentifikasi tahapan perkembangan kota menurut Lewis Munford.

Disajikan gambar ,siswa dapat mengidentifikasi salah satu teori tata ruang kota(teori inti berganda).

Disajikan data keadaan jumlah penduduk dari dua kota, dan jarak kedua kota,siswa dapat menentukan titik henti.



Siswa dapat menyebutkan pengaruh negatif interaksi desa – kota bagi penduduk desa.

Siswa dapat menyebutkan wilayah pembangunan utama di Indonesia.
Pola Keruangan Desa-Kota



Pola Keruangan Desa-Kota




Pola Keruangan Desa-Kota



Pola Keruangan Desa-Kota




Interaksi Desa – Kota






Interaksi Desa – Kota



Wilayah dan Perwilayahan
XII/6



XII/6




XII/6



XII/6




XII/6






XII/6



XII/6
42



43




44



45




46






47



48
Mendeskripsikan karakteristik negara berkembang dan negara maju.
Siswa dapat menyebutkan karakteristik negara berkembang dan negara maju.

Siswa dapat mengidentifikasi kelompok negara G8.
Negara Maju dan Negara Berkembang


Negara Maju dan Negara Berkembang
XII/6



XII/6
49



50










W A K TU D U N I A