Rabu, 17 Februari 2016

15 Hal sederhana ini bisa tunjukkan kecintaanmu pada Indonesia, top!

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk ungkapkan cinta pada Indonesia.
Brilio.net - Sebagai pemuda bangsa, kita harus mencintai negeri kita tercinta ini. Jangan sampai kita justru merusaknya karena ketidakpedulian kita. Juga pada kekayaan budaya bangsa yang sangat banyak. Kamu nggak mau kan kalau aset-aset bangsa dicuri negara lain karena anak muda yang nggak peduli?

Menunjukkan kecintaan pada negeri bisa dilakukan dengan banyak cara. Nggak harus punya prestasi gemilang di kancah internasional, kok. Kamu bisa melakukannya dengan cara-cara sederhana, tapi merupakan sumbangan berharga untuk negeri. 

Berikut 15 hal sederhana yang bisa kamu lakukan sebagai pemuda yang cinta Indonesia yang dirangkum brilio.net, Selasa (29/12). 

1. Jangan merusak diri sendiri

foto: diannisa.wordpress.com

Karena kamu adalah aset bangsa, jadi jangan merusak dirimu sendiri. Menghargai diri sendiri juga merupakan bentuk dari kecintaanmu pada Indonesia.

2. Mencintai keindahan alam Indonesia
foto: best-wallpaper.net

Indonesia adalah negeri yang sangat indah, sudahkah kamu mencintai keindahan alam Indonesia? Mencintai berarti nggak merusak ya.

3. Buang sampah pada tempatnya

foto: pasukanoranges.blogspot.com

Cara paling sederhana lainnya adalah jangan membuang sampah semabrangan. Kalau ada tempat sampah, buanglah sampah di tempat sampah. Kalau nggak ada? Simpan sampahmu sampai ketemu tempat sampah.

4. Boleh narsis, tapi lihat-lihat lingkungan ya
foto: dok. brilio

"Aku sih sadar, masih sering nggak peduli dengan tempat-tempat biasa aku foto-foto. Tapi, aku selalu mencoba buat nggak merusaknya, nggak boleh sembarangan injak rumput atau bunga misalnya," ungkap Dyah Ayu Widowati, pemilik akun instagram @dyahayuwe kepada brilio.net.

Yap, narsis demi eksistensi itu boleh-boleh saja tapi tetap harus mempedulikan lingkunganmu. Nggak mau kan jadi perusak lingkungan hanya demi sebuah foto di sosial media?

5. Katakan tidak pada praktik suap menyuap
foto: hiddenskills.blogspot.com
 
Sekecil apapun praktiknya, bisa jadi bibit yang membesar kapanpun. Jujur dengan menghindari praktik suap menyuap merupakan bentuk dari kecintaan kamu kepada Indonesia.

6. Punya hobi? Kembangkan
foto: www.facebook.com/mpay_rifai_rahayu

Para seniman, penyanyi, pelukis, itu kebanyakan adalah orang-orang yang mau mengembangkan hobi mereka. Nggak jarang, mereka membawa nama harum Indonesia karena yang mereka buat. Kamu juga bisa, kembangkan hobimu dan terus berkarya. 

7. Karena Indonesia itu beragam, hargai perbedaan

foto: martunassinaga.wordpress.com

Nggak mudah marah hanya karena orang berbeda dengan kita adalah salah satu bentuk sederhana cinta kita pada Indonesia yang luar biasa beragam ini.

8. Peraturan dibuat untuk ditaati



Peraturan itu bukan untuk dilanggar seperti memakai helm di jalan raya. Lagi pula, itu juga untuk keselamatan kita sendiri. 

9. Bangga dengan kekayaan budaya Indonesia
foto: www.mudaberdaya.org

Bangga berarti mau mengenal dan melestarikan kebudayaan Indonesia. Kalau bukan kita siapa yang mau melestarikan gamelan, tari kecak, dan lainnya?

10. Narkoba? Mending buat makan enak duitnya
Sudah buat kecanduan, merusak badan, bisa dihukum lagi, mending duitnya untuk makan enak saja ya?

11. Peduli pada lingkungan dan orang di sekitarmu
foto: istimewa

Seberapa sering kamu ikut kerja bakti di lingkunganmu? Jangan jadi tidak peduli dengan lingkungan dan orang-orang di sekitarmu.

12. Membeli produk dalam negeri
foto: asrulsirajuddin.wordpress.com

Bangga dengan produk dalam negeri juga salah satu bentuk sederhana cinta Indonesia. Produk dalam negeri itu keren-keren lho dan nggak kalah mentereng dari produk luar negeri.

13. Sekolah itu mahal, maka jangan sia-siakan

 
Masih suka main smartphone kalau guru menerangkan? Jangan lakukan lagi ya guys, kita harus menghargai pendidikan karena jutaan anak Indonesia nggak mendapatkannya dengan layak.

14. Mengkritik dengan benar, bukan asal berkata kasar

Kamu tentu nggak asing dengan komentar-komentar netizen di sosial media tentang banyak hal. Nggak jarang, komentar-komentar kasar banyak kita temukan. Mengkritik itu boleh, tapi bukan berarti kita bebas berkata kasar ya. 

15. Jangan bilang cinta Indonesia kalau masih beli barang bajakan!
foto: budisusilo85.blogspot.com

Membeli segala sesuatu yang original itu berarti kamu menghargai pembuatnya karena mereka berkarya dengan jerih payah. Jadi, jangan beli barang bajakan lagi ya! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

W A K TU D U N I A